Perlengkapan Jogging Ideal untuk Aktivitas Maksimal

Perlengkapan-Jogging-Ideal-untuk-Aktivitas-Maksimal-Image-Post
Memaksimalkan perlengkapan jogging akan memberi manfaat, terutama menghindari kaki sakit karena cedera. Salah satunya adalah dengan menggunakan insole sepatu olahraga yang tepat.

Sederhana, namun jika tidak dipersiapkan dengan tepat dapat berdampak kurang baik. Hal tersebut akan sering Anda hadapi saat kurang memperhatikan perlengkapan jogging yang ideal saat melakukan jenis olahraga sederhana ini.

Seperti dikutip dari Detik, jogging sering menjadi alternatif olahraga praktis dengan banyak manfaat yang bisa didapat. Agar aktivitas berjalan lancar, berikut beberapa perlengkapan standar yang bisa diperhatikan sebelum melakukan aktivitas jogging:

  1. Sepatu

    Bicara soal sepatu, saat ini banyak produk yang didesain khusus untuk kebutuhan tertentu. Termasuk kebutuhan aktivitas formal, santai dan berolahraga. Termasuk saat melakukan aktivitas jogging dan berlari.

    Sejatinya, sepatu jogging didesain dapat meningkatkan performa dan keseimbangan seseorang saat bergerak (jogging). Peralatan jogging ini tak bisa dipandang sebelah mata, terutama jika Anda tak ingin hal buruk seperti cedera atau rasa nyeri Anda alami saat melakukan aktivitas ini.

    Menurut salah seorang anggota yang juga pendiri komunitas IndoRunners, Reza Puspo, pijakan yang tepat kaki pada saat berlari dinilai krusial. Hal ini dikarenakan seluruh tumpuan berat badan pertama kali berada di kaki.

    Sepatu yang kurang tepat, dengan bentuk insole sepatu yang tidak selaras dengan telapak kaki akan membuat bagian kaki mudah kehilangan keseimbangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko terjatuh karena kehilangan keseimbangan saat berlari.

    Tak sedikit persepsi mengenai sepatu yang mahal akan selalu baik. Meski fasilitas terbaik sering juga tersedia lengkap di sepatu yang dibanderol tinggi, namun hal tersebut tak bisa dijadikan jaminan. Karena kualitas sepatu bertitik tumpu pada fungsi sol yang tepat (baik sol luar maupun insole)—yang akan memberikan performa baik saat berolahraga (jogging).

    Baca Juga: Seperti Makanan, Sepatu Juga Bisa Kadaluarsa

  2. Pakaian

    Seperti sepatu, pakaian yang tepat akan memberi Anda keuntungan berupa kenyamanan saat melakukan jogging. Hal ini berkaitan dengan antisipasi produksi keringat berlebih pada saat berolahraga.

    Baju olahraga yang baik, biasanya disarankan memiliki fungsi cepat kering. Sehingga badan tidak akan berlama-lama terganggu oleh masalah produksi keringat berlebih. Keringat yang tidak tertangani dengan baik akan memberi dampak kurang nyaman, di samping produksi kuman dan bakteri berlebih.

    Selain baju olahraga bersifat dry fit, Anda juga dapat menggunakan jenis pakaian berbahan dasar katun. Jenis bahan pakaian ini biasanya sangat mudah menyerap keringat. Atau Anda juga bisa menggunakan jenis baju berbahan dasar spandex.

  3. Pelindung Kepala

    Sengatan matahari dan bahaya lain yang terpapar ke mata kerap menjadi ancaman, bahkan saat Anda melakukan aktivitas jogging di pagi, siang atau sore hari. Oleh karena itu, jangan lupa melengkapi perlengkapan jogging kacamata dan topi.

    Fungsi topi adalah melindungi kepala dari sengatan matahari, sehingga ancaman dehidrasi bisa diminimalisir sedemikian rupa. Selain itu, kacamata dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari secara langsung yang merusak.

  4. Bekal Air

    Air adalah kebutuhan yang mutlak dipenuhi pada saat Anda melakukan aktivitas jogging dan jenis olahraga lain. Daripada kesulitan mencari air, ada baiknya Anda membawa bekal air pada saat memulai melakukan aktivitas ini, terutama saat menempuh jarak jauh.

  5. Insole Sepatu Kesehatan

    Selain dapat memastikan posisi telapak kaki benar, dengan bantuan orthopedic insole, posisi telapak kaki akan terkoreksi dengan baik. Sehingga meningkatkan keseimbangan dan performa latihan, membuat seseorang tak mudah terjatuh.

    Beberapa produk ditawarkan d ngan beragam keunggulan, termasuk custom produk yang ditawarkan oleh The Sole Studio. Karena dibuat secara esklusif, produk insole sepatu akan terasa pas dan nyaman sesuai kebutuhan setiap orang.

Tips Jogging dengan Kaki Sehat

Berlari bisa jadi alternatif olahraga favorit, karena hanya memerlukan perlengkapan jogging sederhana, namun mampu membakar kalori secara efektif.

Meski demikian, dalam hal persiapan, ada beberapa tahapan yang tak bisa kita lewatkan. Terutama jika Anda menginginkan aktivitas olahraga ini Anda lakukan dengan nyaman, dan dengan hasil sesuai harapan.

Seperti dikutip dari KOMPAS, pelatih lari asal Amerika Serikat, Susan Paul mengatakan, seperti jenis olahraga lain, pemanasan adalah kunci keberhasilan olahraga jogging. Selain peralatan jogging yang mendukung, persiapan ini dapat menghindarkan Anda dari kaki sakit dan cedera lainnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum memulai aktivitas jogging sehat, tanpa harus menyiksa kaki:

Aktivitas Peregangan

Dalam sebuah penelitian mengungkap, proses peregangan dinamis lebih efektif dibanding proses peregangan statis. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa proses peregangan statis yang dilakukan dengan menahan posisi badan dalam jangka waktu tertentu justru tidak baik bagi kesiapan otot sebelum berolahraga.

Cara ini justru dapat memicu sinyal perlindungan terhadap otot-oleh otak. Proses ini menimbulkan kekuatan dan membuat otot mengalami kesulitan secara alami saat meregang. Solusi terbaiknya adalah dengan peregangan dinamis.

Peregangan dinamis dilakukan dengan cara melakukan gerakan sederhana dalam waktu singkat. Cara ini dapat menstimulasi pergerakan otat, sehingga memudahkan bagian ini saat digunakan (berolahraga).

Jangan Lupa Makan

Aktivitas berlari dan berolahraga secara umum membuat asupan karbohidrat sangat dibutuhkan. Karena asupan ini dapat memberi kita tambahan energi. Untuk itu, selain persiapan perlengkapan jogging, sarapan cukup sebaiknya juga dilakukan.

Meski disarankan, konsumsi makanan dalam jumlah banyak juga sangat tidak disarankan. Terlalu kekenyangan akan membuat perut terasa kurang nyaman. Aktivitas pencernaan yang lamban membuat makanan tidak dapat dicerna dengan baik dan benar, hal ini kerap membuat kaki kram.

Meski demikian, untuk aktivitas jogging pagi hari, sarapan boleh tidak dilakukan. Terlebih jika jarak tempuh jogging dilakukan tidak begitu jauh. Namun untuk aktivitas jogging sore dan siang hari, asupan makan yang cukup akan memberi asupan energi cukup pula.

Makanan berprotein dan berkarbohidrat adalah jenis asupan yang disarankan. Karena kedua jenis makanan ini sangat mudah dicerna. Sebaliknya makanan berlemak, manis dan sejenisnya sebaiknya dihindari untuk kebutuhan ini.

Cukup Minum

Konsumsi cukup air dapat mempengaruhi aktivitas jogging Anda. Terlalu banyak konsumsi air akan membuat perut terasa kembung dan hal ini akan membuat aktivitas berlari menjadi kurang nyaman. Sebaliknya kekurangan cairan juga akan membuat Anda mengalami dehidrasi.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, beragam masalah kesehatan kerap menjadi ancaman. Termasuk potensi terjadinya masalah kaki sakit dan nyeri lutut. Indikasi dehidrasi bisa dilihat dari warna kuning pada urin, semakin keruh mengindikasikan semakin tinggi tingkat dehidrasinya.

Pergi ke Toilet

Aktivitas jogging kerap terganggu saat perut menjadi kurang bersahabat, atau tiba-tiba Anda ingin ke toilet untuk buang air kecil. Untuk itu, persiapkan dengan pergi ke toilet sebelum pergi jogging. Manfaatkan waktu istirahat untuk pergi ke toilet, jika Anda tak ingin terganggu hal-hal tersebut.

Selain itu, beberapa makanan kerap meningkatkan aktivitas proses pencernaan menjadi kurang baik. Seperti konsumsi makanan dan minuman berkafein dapat membuat Anda selalu ingin buang air kecil dan perut menjadi kurang nyaman.

Jangan remehkan alarm tubuh

Dalam kondisi tertentu, tubuh akan ‘membunyikan alarm’ saat membutuhkan sesuatu. Seperti kondisi kurang nyaman, terlalu capek, dan tidak sehat. Hal ini akan berpotensi mengganggu aktivitas jogging jika Anda melanggarnya.

Jika hal tersebut terjadi ada baiknya Anda mengambil waktu libur atau beristirahat sejenak di tengah-tengah aktivitas. Telalu memaksakan diri hanya akan menimbulkan permasalahan, seperti kaki sakit, nyeri lutut, dan penyakit kesehatan lainnya.

More Blog

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran, Insole Salah Satu Solusinya

Pernah membeli sepatu tanpa mempertimbangkan ukuran pas di kaki? Bagi Anda yang gemar berbelanja online kadang hal...

Selengkapnya

Pilih Sepatu Lari yang Tepat untuk Cegah Cedera Kaki

Bagi masyarakat urban khususnya mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke pusat kebugaran secara rutin,...

Selengkapnya

Tabel Ukuran Sepatu untuk Pria dan Wanita

Sepatu sudah menjadi kebutuhan setiap orang, karena alas kaki dapat melindungi kaki dari kotoran ataupun benda tajam...

Selengkapnya

Pilih Sepatu dengan Insole Terbaik Untuk Anak

Tak hanya orang dewasa, permasalahan kesehatan kaki juga kerap dirasakan oleh anak-anak. Perkembangan kaki yang kurang maksimal,...

Selengkapnya