Atasi Kaki Sakit Ketika Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Atasi-Kaki-Sakit-Ketika-Menggunakan-Sepatu-Hak-Tinggi-Image-Post
High Heels atau sepatu hak tinggi adalah salah satu barang yang identik digunakan oleh para wanita di berbagai acara. Sepatu ini kerap kali digunakan karena berbagai alasan diantaranya agar mereka terlihat cantik ataupun tuntutan pekerjaan. Namun tahukah Anda bahwa pemakaian sepatu hak tinggi ini menimbulkan rasa tidak nyaman seperti terjadinya nyeri pada area kaki. Jika keadaan seperti ini sudah terjadi, lalu langkah seperti yang sebaiknya dilakukan? Berikut kami sajikan beberapa tips mengatasi kaki sakit ketika menggunakan sepatu hak tinggi :

  • Memijat kaki
    Hal pertama yang dapat anda lakukan jika kaki Anda nyeri atau sakit akibat penggunaan sepatu hak tinggi adalah dengan memijat kaki. Anda dapat melakukan pijatan pada area tumit hingga betis secara perlahan selama 5-10 menit. Dengan melakukan hal ini, maka rasa sakit pada kaki Anda akan berkurang.
  • Mengompres dengan es batu
    Mengompres kaki dengan es batu juga dapat dilakukan untuk megobati nyeri kaki akibat penggunaan sepatu hak tinggi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membungkus es batu dengan kain kemudian tekan area kaki yang sakit secara perlahan. Lakukan selama kurang lebih 5 menit.
  • Terapi air panas dan dingin
    Terapi air panas dan dingin juga merupakan salah satu cara mengobati kaki sakit akibat penggunaan high heels. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 2 baskom, kemudian isi satu baskom dengan air dingin dan baskom lainnya dengan air hangat. Kemudian letakkan kaki bagian bawah pada baskom yang berisi air dingin selama 10 detik, kemudian redam ke dalam air panas yang ada pada baskom lainnya. Lakukan hal ini selama 12 kali atau sampai kaki Anda merasa baikan.
  • Gunakan plester
    Plester adalah salah satu benda yang dapat Anda gunakan untuk membantu meredam sakit pada area kaki akibat penggunaan high heels. Cara ini juga sering digunakan oleh para model yang diharuskan berjalan dengan menggunakan high heels diatas catwalk dalam kurun waktu yang cukup lama. Untuk mengurangi rasa sakitnya, biasanya para model mengikat jari manis dan jadi tengah kaki mereka dengan plester khusus. Plester yang digunakan adalah plester yang sering digunakan saat operasi. Penggunaan plester ini dapat membantu mengurangi tekanan pada syaraf yang ada di jari kaki.
  • Peregangan kaki
    Kaki sakit akibat penggunaan sepatu hak tinggi dapat diatasi dengan melakukan peregangan pada kaki. Hal ini dilakukan agar aliran darah dapat berjalan lancar kembali. Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan peregangan kaki adalah dengan cara berdiri dengan ujung jari kaki, melakukan pose downward-facing dog pada gerakan yoga, membungkuk sambl menyentuh jari-jari kaki dengan jari tangan atau duduk dengan kaki menjulur kedepan kemudian angkat kaki.
  • Gunakan minyak
    Minyak papermint adalah salah satu jenis minyak yang dapat membatu mempercepat penyembuhan kaki sakit yang diakibatkan oleh penggunaan high heels. Minyak papermint ini dapat Anda gunakan beberapa kali supaya kaki Anda terasa lebih baik.
  • Istirahat
    Jika Anda telah menggunakan sepatu hak tinggi dalam beberapa hari secara berturu-turut, ada baiknya Anda memberi waktu bagi kaki Anda untuk istirahat. Selama masa istirahat ini, menggunakan sepatu yang mempunyai sol dengan tinggi sekitar 3cm adalah pilihan terbaik. Jangan menggunakan flat shoes maupun sandal yang datar.
    Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kaki akibat penggunan sepatu hak tinggi / high heels. Ingat ladies, sepatu hak tinggi memang dapat menunjang menampilanmu agar lebih cantik. Namun jangan sampai lupa tetap menjaga kesehatan kaki. Karena anggota tubuh ini memiliki peranan penting untuk menopang tubuh. Jika bagian ini bermasalah, maka beberapa kegiatan sehari-haripun dapat terganggu.

Baca juga: Sepatu cantik dan resiko kaki sakit

More Blog

Kesehatan Kaki dan Peran Penting Sol Sepatu

Dalam sebuah produk alas kaki, sol sepatu menjadi bagian penting dalam melindungi telapak kaki terhadap benturan dan...

Selengkapnya

Berjalan tanpa alas kaki apakah bermanfaat bagi kesehatan?

Berjalan tanpa alas kaki sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan wajar. Pada zaman dulu, saat sepatu atau...

Selengkapnya

Kenali penyebab telapak kaki sering sakit

Keluhan medis memang sangat beragam, salah satunya adalah keluhan yang berhubungan dengan kesehatan kaki. Bisa dibayangkan jika...

Selengkapnya

Mengenal Insole dan Solusi Kaki Stres

Tahukah Anda, jika apapun jenis alas kaki yang Anda kenakan akan terasa nyaman dipakai berkat salah satu...

Selengkapnya