Lakukan 7 hal ini kamu bisa terhindar dari kaki sakit

Lalukan-7-hal-ini-kamu-bisa-terhindar-dari-kaki-sakit-Image-Post
Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang sering luput dari perhatian kita, padahal kaki memiliki tugas yang berat. Tahukah Anda bahwa kaki menopang hampir 2 kali berat badan ketika Anda sedang melakukan aktivitas berjalan. Sehingga, ada sekitar 75% perempuan yang mengalami permasalahan kaki. Permasalahan sakit pada kaki ini jika tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan nyeri kaki ataupun nyeri sendi. Oleh karena itu, perawatan pada kaki juga perlu diperhatikan agar Anda terhindar dari berbagai masalah yang dapat terjadi pada kaki yang tidak dirawat. Berikut beberapa tips perawatan kaki yang dapat Anda aplikasikan sendiri dirumah tanpa perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk perawatan ke salon :

  • Gunting kuku secara teratur
    Kuku yang tidak terawat dapat menjadi sarang kotoran yang akan menimbulkan sakit pada kaki. Oleh karena itu, selalu jaga agar kuku Anda bersih dan juga gunting kuku Anda secara teratur jika sudah tampak panjang. Hindari menggunting kuku yang masih terlalu pendek karena hal ini malah akan menimbulkan infeksi. Dengan menjaga kesehatan kuku kaki, Anda sudah melakukan satu langkah pencegahan sakit pada kaki.
  • Lakukan pijat kaki
    Dilansir dari liputan 6,melakukan pijatan pada area kaki dapat menhaga sirkulasi darah dikaki tetap lancar sehingga Anda akan terhindar dari rasa pegal yang sering dikeluhkan oleh banyak orang.
  • Jaga kaki selalu dalam kondisi kering
    Kondisi kaki yang lembab ataupun basah ternyata akan membuat jamur tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kondisi kaki Anda agar selalu kering. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memakai sepatu dengan bahan yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik agar kaki Anda bisa ‘bernafas’. Cara selanjutnya adalah dengan mengeringkan kaki dengan handuk setiap kali selesai mandi dan jika bisa, usahakan tidak menggunakan sepatu yang sama dalam beberapa hari. Karena dikhawatirkan sepatu menjadi lembab dan dijadikan sarang jamur.
  • Rendam kaki secara rutin
    Merendam kaki dengan air hangat secara rutin dipercaya dapat membuat kaki Anda terbebas dari kering maupun pecah-pecah. Selain air hangat, Anda juga dapat menambahkan sedikit garam untuk membuat otot kaki menjadi lebih rileks sekaligus juga membuang racun-racun pada kaki. Perawatan ini dilakukan setiap hari selama 8-10 menit. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin Anda dapat terhindar dari kaki sakit dan tubuh Anda akan terasa lebih rileks.
  • Gunakan pelembab untuk menjaga kelembutan kaki
    Penggunaan pelembab pada kaki juga dapat melindungi kita dari sakit kaki. Sebaiknya, gunakan krim yang mudah menyerap pada kulit. Selain itu, pastikan pula mengoleskan pelembab pada bagian sela-sela kaki secara merata. Karen jika tidak, hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya jamur kaki. Dengan menggunakan pelembab Anda menjaga kelembaban serta kelembutan kulit sehingga kaki Anda tetap sehat.
  • Aplikasikan tabir surya ketika melakukan aktivitas luar ruangan
    Penggunaan tabir surya pada area kaki juga perlu dilakukan secara rutin agar kaki Anda terlindungi dari sinar matahari yang menyengat. Jangan malas ataupun takut membuang-buang tabir surya karena penggunaan tabir surya ini juga penting untuk menjaga kesehatan kaki agar terhindar dari berbagai penyakit kaki.
  • Gunakan petroleum jelly untuk mengatasi tumit pecah-pecah
    Jika Anda mengalami tumit kaki pecah-pecah, Anda dapat memanfaatkan petroleum jelly sebagai solusi dari masalah ini. Anda dapat mengaplikasikan petroleum jelly secukupnya pada tumit kaki Anda sebelum tidur di malam hari. Oleskan petroleum jelly secara merata pada tumit kaki, kemudian tutup kaki Anda dengan menggunakan kaos kaki dan Anda dapat pergi tidur. Setelah pagi hari, bersihkan kaki Anda dan keringkan agar tidak ada jamur yang tumbuh.

Ternyata untuk melakukan perawatan kaki, kita tidak perlu pergi ke salon. Cukup lakukan hal-hal diatas secara rutin dan dapatkan berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan kaki Anda.

More Blog

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kaki

Fungsi kaki sebagai pendukung tubuh dan alat gerak manusia sangatlah penting. Bayangkan saja, jika diukur rata-rata setiap...

Selengkapnya

The Sole Studio dan Solusi Permasalahan Pada Kaki

Merawat bagian kaki tak hanya bisa dilakukan pada saat kondisi sehat. Munculnya beberapa gejala permasalahan ringan pada...

Selengkapnya

Insole, Alas Dalam Sepatu Solusi Permasalahan Kaki

Dalam fungsinya melindungi kaki, sepatu dilengkapi dua jenis sol. Yakni sol luar yang terletak dibagian bawah sepatu...

Selengkapnya

Cara Nyaman dan Sehat Menggunakan Flat Shoes

Secara umum, flat shoes merupakan jenis sepatu yang menjadi favorit para wanita untuk dikenakan dalam berbagai acara,...

Selengkapnya