Mengatasi Kaki Sakit Saat Hamil

Mengatasi-Kaki-Sakit-Saat-Hamil-Image-Post
Merasakan kaki sakit saat hamil merupakan salah satu gejala umum yang kerap dialami para wanita yang sedang mengandung. Rasa sakit yang dialami seringnya dialami oleh wanita yang sudah memasuki usia kandungan yang cukup tua atau menjelang melahirkan. Beban tubuh yang semakin berat, membuat kaki harus bekerja ekstra untuk menopang tubuh bagian atas.

Gejala yang dialami bisa berupa nyeri di tumit, telapak kaki hingga terasa linu di bagian lutut. Wanita hamil dengan usia kandungan besar biasanya disarankan untuk lebih banyak berjalan, namun tak jarang pula yang mengalami kesulitan karena kaki yang terasa tidak nyaman saat digunakan.

Apabila kaki Anda terasa nyeri atau sakit saat hamil, kemungkinan Anda mengalami plantar fasciitis, sebuah kondisi yang umum dialami oleh wanita mengandung.

Baca Juga: Plantar Fasciitis Adalah Nyeri Karena Permasalahan Telapak Kaki

Plantar fascia merupakan jaringan tebal yang terletak mulai dari tulang tumit hingga ke lekukan telapak kaki dan berujung di jari kaki. Fungsinya adalah untuk menopang kaki dan mengaktifkan pergerakan sehingga kita dapat berjalan.

Ketika Anda mengandung, berat tubuh meningkat dengan cukup drastis, terutama di trisemester pertama. Hal ini menyebabkan ketegangan pada area plantar fascia dan menyebabkan peradangan. Beraktivitas dan memakai sepatu tanpa topangan yang baik hanya akan memperburuk keadaannya. Akibatnya Anda akan merasa nyeri yang tajam di area tumit, terutama setelah duduk cukup lama atau bangun tidur.

Selain itu, ketika hamil, tubuh mengeluarkan hormon relaxin yang akan membantu melonggarkan ligamen saat proses melahirkan. Hormon ini dapat menjadi faktor penyebab munculnya rasa sakit pada area telapak kaki Anda saat hamil. Kombinasi kedua faktor ini dapat menyebabkan wanita hamil mengalami flat feet secara signifikan.

Baca Juga: High Arch or Flat Feet

Nah, ketika rasa sakit atau nyeri tersebut datang, beberapa hal ini dapat Anda lakukan supaya gejala yang sama tidak terulang kembali. Simak daftarnya berikut ini:

Gunakan Insole Sepatu yang Nyaman

Menggunakan penyangga tumit saja tidak akan cukup, bagian lekukan kaki perlu topangan yang baik supaya hasilnya signifikan. Pemakaian insole sepatu yang benar-benar sesuai dengan bentuk lekukan kaki akan membantu mengurangi rasa nyeri kaki saat hamil. Anda dapat memilih custom insole yang khusus diperuntukkan untuk kesehatan kaki, seperti yang disediakan oleh The Sole Studio.

Baca Juga: Memilih Sepatu dan Insole Kesehatan Kaki Ibu Hamil

Naikkan Posisi Kaki

Untuk mengurangi pembengkakkan, usahakan untuk menaikkan kaki Anda. Caranya cukup mudah, hanya dengan meletakkan bantal di bawah kaki dan berbaring menghadap ke kiri sudah cukup. Dengan begini, aliran darah dapat kembali ke jantung Anda dan pergerakannya lebih lancar.

Kompres dengan Es

Mengompres kaki sakit saat hamil dengan es dapat membantu mengurangi peradangan. Masukkan es batu dalam plastik atau ice pack dan bungkus dengan handuk, kompreskan pada kaki selama 20 menit.

Lakukan Peregangan

Cara terbaik untuk mengatasi rasa tegang dan kaki sakit saat hamil adalah dengan melakukan peregangan. Coba lingkarkan handuk pada area tepat di bawah jari kaki dan tarik ke atas. Selain itu, coba juga cara ini untuk meregangkan otot betis yang kaku: Letakkan dua tangan di dinding, tekuk kaki kanan dan dorong kaki kiri ke belakang. Lakukan hal ini pada kedua sisi.

Hati-hati saat Beraktivitas

Saat berkegiatan, mungkin Anda tidak menyadari bahwa sudah melakukannya secara berlebihan. Kaki sakit saat hamil yang dirasakan merupakan sinyal tubuh untuk memberitahu Anda supaya bergerak lebih perlahan dan tidak tergesa-gesa. Setelah beristirahat sejenak, sebaiknya tidak melakukan kegiatan berlebih untuk mencegah nyeri datang kembali.

***

Selain melakukan beberapa solusi di atas, Anda tetap harus memastikan kaki berada dalam posisi yang ideal untuk menopang beban tubuh yang semakin bertambah. Peregangan dan penggunaan alat bantu akan memudahkan kaki untuk bekerja dengan lebih optimal, baik untuk berjalan maupun sebagai tumpuan tubuh saat berdiri.

Apabila rasa sakit atau nyeri yang dialami tidak kunjung membaik, kami sarankan Anda untuk menemui podiatrist atau orthopedist untuk mendapatkan pengobatan yang optimal. Mengingat plantar fasciitis dapat berlangsung berminggu-minggu dan bahkan hingga beberapa tahun setelah kehamilan.

Untuk alat bantu yang dapat memberikan kenyamanan pada kaki selama kehamilan, Anda dapat berkonsultasi dengan tim The Sole Studio di nomor 081316004116 atau kunjungi store kami di FX Mall Sudirman Jakarta.

More Blog

Olahraga Lari Bagi Pemilik Flat Feet

Olahraga lari bagi pemilik flat feet dapat terasa menyakitkan dan mempengaruhi performa Anda dalam berlari. Untuk pemilik...

Selengkapnya

APAKAH BOLEH OLAHRAGA LARI UNTUK FLAT FEET?

Olahraga lari bagi pemilik flat feet dapat terasa menyakitkan dan mempengaruhi performa Anda dalam berlari.

Selengkapnya

Hindari Sakit Kaki, Kenali Jenis-Jenis Kaki pada Manusia

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kaki manusia memiliki beberapa jenis. Dan setelah anda mengetahui fakta...

Selengkapnya

Kenali Flat Feet Pada Anak

Flat feet merupakan gangguan yang terjadi pada telapak kaki dimana keadaan telapak kaki menjadi datar sehingga seluruh...

Selengkapnya