Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Sepatu sudah menjadi kebutuhan setiap orang, karena alas kaki dapat melindungi kaki dari kotoran ataupun benda tajam saat menginjak tanah. Seiring dengan kemajuan jaman, alas kaki tidak lagi hanya menjadi kebutuhan, alas kaki sudah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang. Dewasa ini, sepatu telah memiliki banyak jenis dan mode yang disesuaikan dengan waktu dan occasional yang akan dihadiri. Hal terpenting untuk diperhatikan dalam pemilihan sepatu adalah ukuran yang sesuai dengan kaki pemiliknya.    

Dijaman digital seperti sekarang ini, jika kita menginginkan sesuatu, kita tidak perlu repot-repot menuju outlet yang menyediakan barang tersebut. Cukup memesan melalui online shop, maka barang akan sampai di tangan Anda tanpa perlu keluar rumah. Namun terkadang ada keraguan ketika membeli barang secara online, terutama untuk berang-barang yang memiliki variasi ukuran yang banyak, seperti misalnya sepatu.

Banyak orang yang ragu membeli sepatu secara online, apalagi jika membeli dari luar negeri. Sangat disayangkan jika kita sudah terlanjur membeli ternyata sepatu tidak sesuai dengan ukuran kaki kita. Untuk itulah Anda perlu mengetahui ukuran sepatu beberapa negara yang menjadi standart produksi sepatu Internasional. Ukuran sepatu UK & US merupakan ukuran sepatu yang sering dijadikan sebagai stAndart Internasional dalam memproduksi sepatu termasuk di Indonesia. Tabel berikut menunjukkan ukuran sepatu standart US, UK dan konversinya dalam cm.

 

US (Woman)

US(Men)

EU

Ukuran kaki (cm)

4

-

35

20.8

4.5

-

35

21.3

5

-

35.5

21.6

5.5

-

36

22.2

6

-

36.5

22.5

6.5

-

37

23

7

6

37.5

23.5

7.5

6.5

38

23.8

8

7

38.5

24.1

8.5

7.5

39

24.6

9

8

39.5

25.1

9.5

8.5

40

25.4

10

9

40.5

25.9

10.5

9.5

41

26.2

11

10

41.5

26.7

11.5

10.5

42

27.1

12

11

42.5

27.6

12.5

11.5

43

28.1

 

Setelah mengetahui ukuran sepatu yang biasanya digunakan dan dijadikan sebagai standart Internasional. Sekarang, kami akan memberikan tips bagaimana cara mengukur kaki Anda agar sepatu yang Anda beli pas dan nyaman digunakan.

  1. Ukurlah kaki Anda pada bidang yang datar
    Jika ingin mengukur kaki, maka sebaiknya Anda mencari tempat datar seperti di lantai. Jangan mencoba untuk mengukur panjang serta lebar kaki Anda di bidang yang tak datar seperti diatas tempat tidur karena ukuran yang didapat akan kurang akurat. Selanjutnya siapkan kertas, bulpoint, meteran jahit dan penggaris sebagai media dan peralatan untuk mengukur kaki Anda.
  2. Jangan menggunakan kaos kaki atau alas kaki lainnya ketika memulai pengukuran
    Ukur kaki Anda dalam keadaan telanjang (tidak memakai alas kaki). jika Anda mencoba melakukan pengukuran ketika Anda memakasi alas kaki seperti kaos kaki, maka hasil yang Anda dapatkan akan kurang akurat. Kaos kaki akan menambah panjang dan lebar kaki Anda walaupun sedikit. Masalah sepatu yang tidak pas bukan hanya karena kekecilan. Namun alas kaki yang terlalu besar juga akan membuat Anda tidak nyaman.
  3. Buat sketsa ukuran kaki Anda
    Sekarang saatnya Anda mulai mengukur panjang dan lebar kaki Anda. Caranya, Anda hanya perlu menaruh kaki Anda diatas kertas yang diletakkan di bidang yang datar. Selanjutnya tAndai bagian ujung dan pangkal kaki untuk mendapatkan ukuran panjang kaki Anda. Berilah tAnda juga pada ujung kaki terluar yang paling lebar dengan ujung seberangnya. Usahakan kaki Anda tidak dalam keadaan menekuk saat proses pengukuran, agar ukuran yang didapatkan akurat. Jika proses ini telah selesai, selanjutnya Anda perlu menggambar skesta kaki Anda. Ikuti contour kaki agar Anda mendapatkan hasil yang menyerupai kaki Anda. Beri garis vertikalantara pangkal dan ujung kaki untuk mendapatkan panjang dan beri garis horizontal pada bagian terluar kaki dengan ujung lainnya untuk mendapatkan lebar. Terakhir ukurlah garis horizontal dan vertikal yang telah dibuat untuk mengetahui ukuran kaki Anda. Sebaiknya pengukuran dilakukan pada kedua kaki. Dikarenakan banyak orang yang ternyata memiliki ukuran kaki yang berbeda antara kanan dengan kiri.
  4. Bandingkan ukuran sepatu dengan nomor sepatu Anda
    Setelah mengetahui ukuran kaki Anda, sekarang saatnya Anda mencocokkan ukuran kaki Anda dengan ukuran stAndart sepatu yang ada pada table diatas. Ukuran kaki antara pria dan wanita pada dasarnya sama, hanya ukuran kaki wanita dimulai dengan ukuran lebih kecil.

Ukuran lebar kaki seringkali tidak begitu diperhatikan oleh kebanyakan orang yang akan membeli sepatu. Dikarenakan produsen memang tidak mencantumkan lebar dari sepatu atau alas kaki lain yang mereka jual. Namun jika Anda berniat memesan sepatu khusus yang dapat di custom sesuai permintaan Anda, maka hal ini perlu diperhatikan. Biasanya ukuran lebar kaki yang dipakai oleh para pengerajin sepatu custom ada 4, yaitu langsing, normal, lebar dan sangat lebar.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at