Nyeri Lutut, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri-Lutut,-Kenali-Penyebab-dan-Cara-Mengatasinya-Image-Post
Seperti permasalahan kaki pada umumnya, munculnya nyeri lutut juga dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak hingga orangtua. Untuk menghindari hal buruk terjadi, langkah preventif dan penanganan masalah secara efektif sangat diperlukan.

Seperti dikutip dari Alodokter, gejala nyeri lutut kerap dirasakan secara tiba-tiba. Dan biasanya permasalahan kaki seperti ini ditandai dengan beberapa gejala dan komplikasi umum, seperti:

  • Bunyi yang tak biasa (gemertak) di bagian lutut
  • Pembengkakan di sekitar area lutut yang terasa nyeri
  • Bagian lutut terasa kaku
  • Warna kemerahan dan lebam di sekitar lutut
  • Sendi lutut terasa lemas (sehingga membuat seseorang mudah terjatuh)
  • Perubahan bentuk fisik lutut
  • Disertai demam dan gejala lain

Di luar faktor cedera karena trauma, ternyata munculnya masalah ini juga sering disebabkan oleh masalah kesehatan. Seperti penyakit asam urat, tendonitis, osteoartritis dan lain sebagainya.
Tak hanya itu, kondisi pendarahan di bagian sendi lutut dan infeksi karena artritis septik juga kerap menyebabkan munculnya permasalahan ini. Selain itu, kemunculan permasalahan ini kerap diperparah dengan kondisi fisik seseorang dan aktivitasnya sehari-hari.

Seperti saat seseorang mengalami permasalahan kelebihan berat badan atau kebiasaan olahraga dengan tumpuan lutut berlebih (contoh: basket, dan sepak bola). Selain itu, sepatu yang terlalu sempit dan tidak bersahabat dengan telapak kaki juga kerap menjadi penyebab munculnya resiko nyeri lutut.

Baca Juga: Lutut Kaki Sakit Saat Ditekuk Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Langkah Mudah “Menjinakkannya”

Selain mencukupi asupan nutrisi dan gizi, ternyata munculnya nyeri lutut pada seseorang bisa juga diatasi dengan beberapa cara sederhana. Dikutip dari Detik Health, berikut ini cara efektif mengatasi problematika kaki karena nyeri sendi lutut:

Latihan Yoga – Berlatih yoga ternyata bisa memberi manfaat pada kaki Anda. Beberapa pose dalam latihan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot pada lutut. Sehingga otot (lutut) lebih fleksibel dan sekaligus menghilangkan rasa nyeri yang muncul secara tiba-tiba.

Penuhi Kebutuhan Kalsium – Kurangnya konsumsi kalsium sering menjadi penyebab munculnya permasalahan pada kaki. Kalsium secara aktif akan meningkatkan kekuatan tulang. Untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan. Seperti susu, ikan dan jenis makanan lain yang tinggi kalsium secara rutin.

Treatment Lutut – Seperti kaki, lutut yang sering digunakan juga membutuhkan perawatan yang cukup. Seperti saat Anda mengalami nyeri, Anda bisa mengistirahatkan lutut sejenak hingga tak terasa sakit lagi.
Pengompresan juga merupakan salah satu perawatan yang bisa dilakukan dengan cara menaruh kaki yang cedera dengan posisi yang lebih tinggi. Manfaatkan bantal dan cara ini secara efektif dapat mengurangi masalah pembengkakan dan nyeri sendi lutut.

Rutin berolahraga – Cara ini merupakan tindakan pencegahan. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Contohnya, saat berat badan Anda dirasa berlebih, berenang adalah solusi tepat menurunkan berat badan. Bagi pemilik berat badan normal, Anda dapat melakukan jenis olahraga sederhana untuk menghindari kegemukan. Seperti lompat tali, aerobik, jogging dan lain sebagainya. Cara ini juga dapat melatih otot lutut sehingga meminimalisir risiko nyeri sendi lutut.

Customized Orthopedic Insole – Sederhana, tapi sering dilupakan. Pada akhirnya sering berdampak buruk dan memicu munculnya nyeri lutut dan masalah kaki yang terasa sakit. Perbedaan bentuk telapak kaki, membuat seseorang membutuhkan customized orthopedic insole yang tepat. Karena disadari atau tidak, munculnya nyeri lutut kerap berawal dari sol dalam sepatu (insole) yang kurang optimal menopang telapak kaki pada saat kaki digunakan.

Customized orthopedic insole biasanya tersedia di luar produk sepatu atau jenis alas kaki lain seperti sandal dan sebagainya. Selain untuk menangani permasalahan kaki sakit, metode ini juga kerap digunakan untuk memelihara kesehatan kaki tetap prima.

Makanan Sehat untuk Penderita Nyeri Sendi Lutut

Selain melakukan beberapa langkah antisipasi dan penanganan, mengatasi masalah nyeri sendi juga dapat dilakukan dengan konsumsi beberapa jenis makanan sehat. Nutrisi di dalamnya terbukti dapat membantu mencegah bahkan meringankan gejalanya. Seperti dikutip dari Kompas, berikut diantaranya:

1. Kedelai

Berdasarkan penelitian di Oklahoma State University, penderita nyeri lutut dapat terbebas dari penyakitnya setelah rutin mengkonsumsi protein kedelai setiap hari selama tiga bulan. Menurut peneliti, hal ini dikarenakan adanya kandungan isoflavon.

Isoflavon atau hormon tumbuhan dapat memberi efek anti-inflamasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan dari olahan kedelai. Seperti susu kedelai, edamame, tempe dan sebagainya, sesuai saran peneliti, Bahram H. Arjmandi, Ph.D.

2. Buah-buahan

Penelitian terkait dampak positif masalah nyeri lutut dari konsumsi buah-buahan dilakukan di Australia dan melibatkan 293 orang dewasa. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa konsumsi nutrisi pada buah-buahan dapat mengurangi resiko nyeri lutut karena dapat memicu pengembangan resi sumsum tulang.
Secara spesifik, penelitian tersebut merekomendasikan buah yang kaya kandungan nutrisi vitamin C, seperti mangga, pepaya, jeruk, dan kiwi. Jadi, selain baik untuk kesehatan, konsumsi rutin beberapa jenis buah tersebut juga dapat menurunkan resiko permasalahan lutut Anda.

3. Konsumsi Ikan

Nyeri lutut yang disebabkan karena permasalahan Rheumatoid Arthritis dalam sebuah penelitian dapat diantisipasi dengan mengonsumsi ikan. Kandungan bahan Omega-3 pada ikan mampu mencegah peradangan osteoarthritis dan melindungi kuman dengan memblokir senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam penelitian, para ilmuwan menyarankan konsumsi dua porsi ikan tinggi lemak Omega-3 setidaknya sekali dalam seminggu, seperti ikan jenis makarel atau salmon. Selain mencegah, cara ini juga dapat meringankan gejalanya.

4. Konsumsi Kunyit

Rutin mengkonsumsi kunyit, ternyata dapat memberi efek positif karena kunyit bekerja sebagai anti-inflamasi. Kebiasaan ini dapat meringankan masalah nyeri lutut dan masalah kaki yang lain.

More Blog

Mengatasi Kaki Sakit Saat Hamil

Merasakan kaki sakit saat hamil merupakan salah satu gejala umum yang kerap dialami para wanita yang sedang...

Selengkapnya

Hindari Sakit Kaki, Kenali Jenis-Jenis Kaki pada Manusia

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kaki manusia memiliki beberapa jenis. Dan setelah anda mengetahui fakta...

Selengkapnya

Cara Nyaman dan Sehat Menggunakan Flat Shoes

Secara umum, flat shoes merupakan jenis sepatu yang menjadi favorit para wanita untuk dikenakan dalam berbagai acara,...

Selengkapnya

Tahukah Anda perbedaan insole dan outsole sepatu?

Sepatu adalah salah satu benda yang hampir selalu melekat pada kaki kita. Selain fungsi utamanya untuk melindungi...

Selengkapnya