Custom Insole dan Solusi Kaki Sehat

Custom-Insole-dan-Solusi-Kaki-Sehat-Image-Post
Terkadang, memilih alas kaki dalam (insole) yang tepat tak semudah memilih sepatu ideal. Untuk itu, custom insole merupakan solusi tepat untuk mendapatkan kaki sehat.

Sayangnya desain insole yang dihadirkan oleh pabrikan sepatu kadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan alas kaki seseorang kerap kali berbeda, mengingat bentuk dan karakteristik telapak kaki setiap orang berbeda-beda.

Beberapa produsen sepatu menyadari bahwa kebutuhan alas kaki dalam atau biasa dikenal dengan istilah insole merupakan kunci untuk menjaga supaya kaki sehat. Sehingga dengan hadirnya custom insole, posisi telapak kaki akan tertopang dengan ideal.

Bukan lagi rahasia, penggunaan insole yang sembarangan akan mudah menyebabkan cedera kaki. Terlebih saat Anda beraktivitas yang melibatkan kaki dalam waktu yang lama, seperti sering berkeliling ruangan atau berlari di area kerja.

Beberapa permasalahan seperti nyeri pada bagian telapak kaki, lutut dan pinggul sering menjadi dampak dari permasalahan ini. Munculnya rasa nyeri dapat membuat aktivitas menjadi terhambat, karena kita akan kesulitan dalam bergerak.

Seperti dikutip dari sumber Bugaraga, sejak tahun 1980, industri sepatu hingga kini telah banyak melakukan penyesuaian (seperti bentuk kaki). Sehingga saat digunakan, tak hanya melindungi, alat ini juga dapat memberi kenyamanan saat digunakan.

Termasuk penggunaan bahan dan desain insole atau alas kaki pada sepatu bagian dalam. Pemilihan bantalan yang lunak kerap digunakan untuk menjaga lekukan bagian telapak kaki.

Custom Insole Menjawab Kebutuhan Setiap Orang

Apakah custom insole dengan bahan lunak bisa dipakai siapa saja?

Apakah pemakaian produk yang diproduksi secara massal dapat menjadi solusi nyeri kaki?

Jawabannya adalah tidak selalu. Hal ini dikarenakan telapak kaki setiap orang memiliki bentuk serta karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan custom insole yang memiliki model ideal yang sesuai dengan bentuk kaki masing-masing pemakainya.

Dalam pengelompokannya, jenis dan bentuk telapak kaki seseorang ternyata dibedakan menjadi tiga tipe (Baca: High Arch or Flat Feet). Berikut ini adalah tiga tipe telapak kaki yang dapat digunakan dalam pemilihan custom insole yang tepat:

High Arch

Orang dengan tipe telapak kaki tipe ini memiliki lengkungan paling dalam dari dua tipe lainnya. Sehingga lengkungan di bagian antara telapak kaki dengan tumit terlihat sangat sempit dan hal ini kerap memberikan permasalahan tersendiri pada kaki.

Lengkungan yang tinggi, membuat bagian tungkai kaki mendapat tekanan lebih besar. Pemilihan insole yang kurang tepat akan menyebabkan permasalahan nyeri kaki, sehingga dibutuhkan custom insole yang sesuai untuk menopang posisi kaki supaya ideal.

Normal Arch/Telapak Kaki Normal

Jenis telapak kaki ini memiliki lengkungan ideal, sehingga beban tubuh terdistribusi dengan baik oleh kaki sebagai penopang. Jenis ini biasanya jauh dari permasalahan kaki jika dibandingkan dengan High Arch dan Flat Arch.

Meski demikian, aktivitas kaki yang tinggi dan cara berdiri yang kurang tepat dapat mengubah bentuk telapak kaki Anda secara alami. Untuk memelihara supaya kaki sehat dan terhindar dari masalah nyeri kaki, custom insole merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga kualitas lekuk kaki Anda.

Flat Arch/Telapak Kaki Datar

Berbeda dengan dua tipe telapak kaki yang telah kita sebut di atas, tipe ini sama sekali tidak memiliki lengkungan pada telapak kaki. Tipe ini juga biasa dikenal dengan sebutan kaki datar. Kondisi ini kerap menimbulkan permasalahan, seperti munculnya resiko nyeri kaki dan sebagainya.

Pemilik kaki tipe Flat Arch atau telapak kaki datar paling membutuhkan bantalan untuk memelihara lengkung kaki supaya tetap sehat dan tidak timbul permasalahan. Penggunaan custom insole akan memberi dampak positif pada kesehatan kaki, sekaligus mengoreksi cara berdiri yang salah pada seseorang.

Tips Mengenali Tipe Telapak Kaki

Untuk mengetahui tipe mana yang merupakan bentuk telapak kaki Anda dengan mudah, Anda bisa melakukan tes sederhana berikut ini:

  1. Basahi kaki, sehingga bagian telapak kaki terkena air secara keseluruhan.
  2. Kemudian tempelkan telapak kaki di atas kertas. Air yang membasahi telapak kaki akan meninggalkan pola pada kertas.
  3. Pola yang tercipta merupakan representasi bentuk telapak kaki Anda. Dari situ dapat dilihat tipe telapak kaki yang Anda miliki.

Apa itu Custom Insole?

Di Indonesia, custom insole bukan hal baru lagi untuk memelihara kaki sehat dan mengatasi masalah nyeri kaki. Produk berkualitas dengan bahan dan desain premium dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memperhatikan kenyamanan kaki, seperti yang ditawarkan oleh The Sole Studio.

Disadari atau tidak, kaki adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan dan bekerja ekstra di setiap harinya. Terlebih bagi Anda dengan mobilitas tinggi, seperti olah raga rutin atau pekerjaan yang menuntut untuk banyak berdiri dan berjalan. Bahkan saat di rumah sekalipun; pergi ke dapur, kamar tidur, atau ke teras rumah. Kaki sering bekerja sebagai penopang tubuh dalam mobilisasi kita sehari-hari.

Kaki juga bisa mengalami stress saat tidak mendapatkan perawatan yang tepat dan optimal. Sehingga akan menyebabkan munculnya beragam permasalahan seperti nyeri kaki, nyeri punggung dan penyakit sejenis lainnya.

Kebutuhan akan alas kaki ideal sebaiknya tak dipenuhi dengan tujuan mencegah kaki lecet dan terluka, tetapi juga menjaga lengkung telapak kaki supaya tetap ideal dan menopang tubuh dengan baik. Lengkung telapak kaki yang terjaga adalah jaminan kaki sehat dan nyaman saat dipakai beraktivitas.

Salah satu perawatan kaki sesuai kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan Customized Orthopedic Insole. Kebutuhan bantalan telapak kaki yang disesuaikan dengan kebutuhan (jenis telapak kaki dan aktivitas seseorang) akan menjadi solusi tepat dalam hal ini menjaga kaki sehat setiap saat.

Karena produk insole tertentu yang cocok pada Anda, belum tentu akan cocok untuk orang lain. The Sole Studio menawarkan produk custom insole, yang dapat menjawab kebutuhan setiap orang dengan serangkaian proses.

Seperti konsultasi untuk mengetahui tipe telapak kaki, load aktivitas harian dan permasalahan yang dihadapi setiap hari. Monitoring bentuk kaki melalui komputer dan selanjutnya mendesain custom insole ideal untuk masing-masing pelanggan.

Penggunaan material premium yang sesuai standar podiatric medicine menjadikan produk insole dari The Sole Studio sebagai solusi untuk 6 permasalahan kaki Anda, seperti high arch, flat feet, heel spur, bunions, supination, dan pronation.

More Blog

Lakukan 7 hal ini kamu bisa terhindar dari kaki sakit

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang sering luput dari perhatian kita, padahal kaki memiliki tugas yang...

Selengkapnya

Kaki Anak Sehat dengan Sepatu dan Insole Ideal

Untuk perkembangan maksimal cari kebutuhan sepatu dengan ukuran insole ideal untuk si buah hati. Karena ukuran sepatu...

Selengkapnya

Plantar Fasciitis Adalah Nyeri Karena Permasalahan Telapak Kaki

Plantar Fasciitis adalah permasalahan kaki sakit yang sering ditandai oleh munculnya rasa nyeri di bagian telapak. Bagian...

Selengkapnya

Diet Sehat dengan Lari Pagi

Obesitas atau dapat disebut kegemukan adalah masalah yang sangat merepotkan terutama bagi kaum wanita karena akan mengganggu...

Selengkapnya