Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Pagi hari adalah waktu yang cocok untuk melakukan olahraga. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa udara pagi masih sejuk dan belum tercemari oleh polusi yang dihasilkan kendaraan bermotor atau industri. Salah satu olahraga yang paling mudah dan murah dilakukan di pagi hari adalah berlari.   Anda cukup mencari spot untuk berlari dan mempersiapkan pakaian serta sepatu lari untuk dapat melakukan aktivitas ini.

               Jogging merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh semua kelompok usia. Olahraga jenis ini memiliki banyak manfaat tanpa perlu menahan beban dalam jumlah besar. Salah satu manfaat jogging bagi kesehatan otak adalah dapat membantu menghilangkan stress karena otak melepaskan endorphin.

                Menurut ala dokter lari pagi sangat baik untuk membakar kalori. Jika Anda berlari dengan kecepatan 8km/jam maka Anda dapat membakar 295 kalori. Sedangkan berjalan dengan kecepatan 5,5 km/jam bisa membakar 140 kalori. Aktivitas lari pagi ini, seharusnya menajdi salah satu rutinitas yang kita lakukan karena beragam manfaat kesehatan akan dirasakan. Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika melakukan lari pagi:

  1. Menurunkan berat badan

Jogging adalah salah satu solusi terbaik bagi Anda yang sedang melakukan diet untuk menurukan berat badan. Karena jogging dapat membantu membakar kalori. Olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mudah membakar lemak. Diet yang dibarengi dengan jogging dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

 

  1. Menghilangkan stress dan menciptakan mood bahagia

Dengan rutin melakukan jogging dipagi hari, Anda akan mendapatkan mood yang baik. Karena ketika melakukan jogging, tubuh akan memproduksi hormone endorphin. Hormone ini dapat memberikan rasa bahagia terhadap seseorang. Selain itu, dengan melakukan olahraga lari pagi secara rutin, Anda dapat menghilangkan kepenatan dari rutinitas harian yang menjenuhkan. Jika dilakukan bersama-sama, jogging juga akan menjadi salah aktivitas yang menyenangkan dan baik untuk kesehatan otak kita. Hal ini juga dapat menjaga mood kita tetap baik sepanjang hari.

 

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Bagi Anda yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, pasti tubuh Anda akan terasa lemas ketika bangun. Jika ini terjadi, maka akan dapat mengganggu produktivitas Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Menurut hasil studi yang dilakukan, jika seseorang berlari minimal 16km dalam seminggu, hal ini dapat menurunkan resiko hipertensi dan mencegah penyakit kolesterol. Oleh karena itu, jogging dipagi hari akan sangat membantu kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

 

  1. Meningkatkan konsentrasi

Olahraga lari yang dilakukan pada pagi hari juga dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak menurut para pakar. Dengan melakukan aktivitas jogging, dapat membuat Anda berkonsetrasi lebih baik. Para atlit juga menyampaikan bahwa dengan melakukan jogging, mereka mendapat manfaat berupa peningkatan daya konsentrasi ketika melakukan pertandingan. Bagi Anda yang sering melakukan olahraga lari, Anda juga perlu mengetahui masalah apa saja yang dapat terjadi jika Anda terlalu sering berlari disini.

 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 km dalam seminggu dapat menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39% juga dapat mengutangi endapan kolesterol hingga 34%. Lari pagi dapat membantu mengurangi endapat kolesterol dalam pembuluh darah yang data menyebabkan penyakit jantung.

 

  1. Memperbaiki nafsu makan

Lari pagi, dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat bekerja dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan seseorang menjadi lebih baik lagi. Karena setelah berolahraga, biasanya akan muncul keinginan untuk makan. Untuk itu, jogging juga merupakan salah satu solusi mengatasi masalah nafsu makan rendah. Tapi ingat, jangan sampai mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

 

  1. Melawan penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, maka kepadatan otot dan tulang akan berkurang. Hal inilah yang dapat menyebabkan penuaan dini. Olahraga jogging, merupakan salah satu solusi untuk menghindari penuaan dini dan menjaga kesehatan tulang. Selain itu, jogging juga bermanfaat untuk membuat kulit terlihat menjadi lebih cerah karena aliran darah dapar berjalan lancar.

Baca juga : Tips Hobby Berlari Tanpa Risiko Kaki Sakit

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at