Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Setiap orang pasti pernah mengalami pegal pada bagian tubuh tertentu tak terkecuali pada kaki. Rasa linu ini dapat terjadi setelah melaksanakan aktivitas yang terlalu berat ataupun berdiri terlalu lama. Linu pada kaki biasanya adalah awal mula terjadinya suatu penyakit yang berhubungan dengan syaraf bahkan bisa berhubungan dengan adanya masalah pada pembuluh darah lainnya. Tak disangka memang pegal atau linu yang biasanya dianggap sepele ternyata adalah awal dari penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami linu pada kaki jangan diabaikan tetapi segera lakukan tindakan penanganan. Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi linu di kaki, yaitu:

  1. Rendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki di dalam air hangat dipercaya mampu mengatasi linu kaki dengan cepat dan efektif. Hal ini akan membuat aliran darah yang tersumbat menjadi lancar kembali dan membuat oto-otot menjadi lebih rileks. Jika sudah begitu maka rasa linu pada kaki akan menghilang. Untuk merasakan hasil secara maksimal kami sarankan Anda menambahkan beberapa sendok garam laut dan baking soda pada air yang akan digunakan untuk merendam kaki. Dengan cara ini, selain rasa linu hilang kotoran-kotoran pada tubuh juga akan terangkat.

  1. Berjalan dengan perlahan

Tahukah Anda bahwa jika melakukan aktifitas berjalan dengan santai dan perlahan mampu mengeluarkan endorphine yang dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh secara alami. Para peneliti percaya bahwa hanya dengan rutin berjalan kaki, darah didalam tubuh akan menjadi lebih sehat dan peredaran daran menjadi lebih besar. Hal ini akan menyebabkan regenerasi pada syaraf kaki sehingga menjadi sehat kembali. Dengan berjalan perlahan dan santai juga dapat membuat peredaran darah dan syaraf pada pagian betis dan kaki menjadi lancar.

  1. Pijat area yang linu

Menurut Science Translational Medicine Journal tahun 2012, memijat kaki yang sedang linu atau cedera tidak boleh dilakukan dengan asal karena jika salah bukannya akan membaik namun akan semakin menjadi buruk. Untuk itu perlu diperhatikan 2 hal berikut sebelum Anda mulai mengurut. Pertama perhatikan jenis dan jumlah minyak yang akan digunakan karena beberapa minyak urut dapat memicu alergi. Beberapa pilihan minyak yang dapat Anda gunakan adalah jenis minyak botanical seperti minyak geranium, minyak kelapa atau extra virgin olive oil. Kedua, perhatikan cara memijatnya. Pijat kaki yang linu dengan lembut dan perlahan kemudian secara bertahap naikkan volume tekanan pijat hingga keras. Selanjutnya yang perlu diingat adalah pijatlah kaki satu arah saja. Lakukan hal ini dalam kurun waktu 10 menit agar otot yang kaku dapat menjadi lemas dan peredaran darah yang tersumbat menjadi lancar kembali.

  1. Kompres dengan es batu

Jika kaki Anda merasa linu, es batu merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa linu tersebut. Caranya, siapkan sebongkah es batu kemudian bungkus es tersebut dengan kain tipis atau handuk. Selanjutnya letakkan pada kaki yang linu. Lakukan hal ini secara berulang hingga pembengkakan dan rasa linu pada pada kaki hilang. Es batu yang dingin mampu membuat saraf dan otot yang tegang menjadi lemas.

  1. Manjakan kaki Anda

Manjakan kaki Anda dengan melakukan perawatan yang sederhana sebelum kaki Anda merasa sakit. Demhan melakukan perawatan seperti melakukan cek setiap hari terhadap keadaan kaki, menggunakan sepatu yang nyaman, memijat atau hal lainnya akan membuat syaraf dan otot kaki menjadi kuat dan tidak mudah cedera.

  1. Konsumsi potassium

Salah satu penyebab kaki linu adalah karena tubuh kekurangan potassium. Potassium sendiri adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otot dan syaraf. Jika tubuh kekurangan potassium maka akan menyebabkan otot dan syaraf tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Anda bisa menambah potassium dengan cara mengkonsumsi jus tomat, pisang atau kentang berserta kulitnya.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at