Nyeri Tumit (Plantar Fasciitis) – Pencegahan & Pengobatan

Nyeri-Tumit-Plantar-Fasciitis-Pencegahan-&-Pengobatan-Image-Post
Berjalan, berlari, dan melompat dapat memberikan tekanan pada kaki. Meskipun kaki mampu menahan berbagai tekanan, pada akhirnya akan mencapai puncaknya dan mengakibatkan rasa sakit. Salah satunya adalah nyeri tumit.

Nyeri tumit merupakan salah satu permasalahan kaki yang umum dialami. Rasa nyeri ini terjadi di area bawah tumit atau di bagian belakangnya, di mana Achilles tendon terhubung dengan tulang tumit. Terkadang, rasa tidak nyaman ini juga dapat terjadi di bagian sisi tumit.

Kebanyakan kasus yang terjadi, rasa nyeri yang dialami tidak diakibatkan oleh cedera. Awalnya, rasa nyeri terasa ringan, namun kemudian menjadi lebih parah dan bahkan menyebabkan cacat. Penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri, namun tak jarang juga menjadi tak kunjung hilang dan lebih kronis.

Rasa nyeri pada tumit dapat terjadi karena beberapa sebab, namun yang paling sering terjadi disebabkan oleh plantar fasciitis.

PENYEBAB NYERI TUMIT

Plantar fascia merupakan ligamen yang berada di bawah tumit kaki, menghubungkan tulang tumit hingga bagian depan kaki sekaligus menopang lekukan kaki.

Fascia normalnya bekerja sebagai penyerap goncangan, namun tekanan yang berulang dapat mengakibatkan sobekan kecil pada jaringan. Peradangan akan muncul dan dapat menghasilkan kerusakan jaringan yang disebut sebagai plantar fasciitis.

Terdapat beberapa penyebab plantar fasciitis. Ligamen dapat meradang karena tekanan berulang akibat aktivitas berat dan olahraga yang banyak melakukan lompatan. Memakai sepatu hak tinggi (high heel) juga dapat memberikan tekanan pada area fascia.

Melakukan pekerjaan yang mengharuskan banyak berdiri atau berjalan juga akan meningkatkan resiko seseorang mengalami kondisi ini. Selain itu, orang yang memiliki kaki datar juga akan rentan mengalami plantar fasciitis. Kaki datar dapat mengakibatkan distribusi beban yang tidak merata ketika seseorang berjalan, yang mana akan menambahkan tekanan dan ketegangan pada fascia.

GEJALA NYERI TUMIT (Plantar Fasciitis)

Gejala paling umum dari penyakit plantar fasciitis ini adalah rasa nyeri di bagian tumit. Pada beberapa orang, rasa nyeri juga terasa di bagian lekukan kaki.

Biasanya, rasa nyeri ini muncul perlahan dan tidak terlalu sakit, seringnya terjadi ketika baru bangun tidur. Rasa nyeri juga bisa dialami setelah duduk dalam waktu yang lama. Beberapa orang juga mengalami nyeri ketika sedang menaiki tangga. Berkegiatan berat, seperti berlari juga dapat menyebabkan nyeri. Dampaknya mungkin berbeda satu sama lain, namun rasa sakit ini seringnya akan berkurang setelah dipakai berjalan.

Rasa nyeri dari plantar fasciitis dapat dialami dalam waktu yang lama dan komplikasi dapat terjadi. Luka jaringan akan terbentuk karena peradangan fascia. Begitu luka jaringan terbentuk, akan semakin susah mengobati kondisinya dan rasa sakit akan tetap ada.

Plantar fasciitis juga dapat mengakibatkan rasa nyeri di bagian tubuh yang lain. Contohnya, ketika seseorang mengalami nyeri tumit, akan ada perbedaan dalam cara berjalan yang tidak disadari. Lutut, pinggul, dan sakit punggung dapat muncul karena perubahan pergerakan kaki.

PENCEGAHAN & PENGOBATAN NYERI TUMIT

Untuk menghindarkan Anda dari gejala plantar fasciitis, maka lakukan peregangan terlebih dahulu. Selain itu, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari nyeri tumit terjadi. Coba salah satu upaya pencegahan berikut ini:

  • Sepatu yang tepat akan memastikan kondisi kaki selalu dalam keadaan prima. Pastikan sol sepatu cukup untuk memberikan topangan pada lekukan kaki.
  • Berjalan tanpa alas kaki juga sebaiknya dihindari. Kurangnya dukungan dapat mengakibatkan nyeri tumit.
  • Mulailah berolahraga atau beraktivitas perlahan, dimulai dari gerakan ringan terlebih dahulu atau pemanasan.

Apabila nyeri tumit sudah terlanjur terjadi, Anda dapat melakukan sejumlah solusi pengobatan, mulai yang dilakukan sendiri hingga yang membutuhkan bantuan ahlinya. Simak solusinya berikut ini:

Alat Bantu – Penggunaan alat bantu ini tidak hanya memilih alas kaki (sepatu atau sandal) yang baik, tapi juga meliputi insole sepatu yang akan memastikan lekukan kaki tertopang dengan tepat. Insole sepatu ini bisa didapatkan sesuai dengan ukuran serta bentuk kaki Anda di The Sole Studio.

Mengurangi Aktivitas Berat – Menurunkan jumlah aktivitas berat dalam kegiatan sehari-hari juga dapat membantu mereduksi rasa nyeri tumit yang Anda alami. Kegiatan yang dikurangi adalah aktivitas yang menitikberatkan beban pada tumit Anda. Untuk sementara hindari olahraga berat seperti berlari atau jogging dan coba olahraga ringan seperti berenang atau yoga.

Operasi – Ketika semua pengobatan ringan sudah dilakukan dan masih belum ada hasil yang signifikan, maka jalur operasi dapat ditempuh. Terdapat beberapa prosedur operasi berbeda yang dapat dilakukan untuk menurunkan rasa nyeri. Konsultasikan pada dokter terpercaya untuk memastikan permasalahan kaki Anda ditangani dengan benar.

Plantar fasciitis memang merupakan tipe nyeri tumit yang paling sering terjadi. Namun, banyak juga faktor lain yang bisa menjadi penyebabnya. Diagnosis dini dan akurat pada permasalahan kaki Anda akan menghasilkan upaya perawatan yang efektif dan optimal.

Apabila Anda berminat mengetahui lebih jauh kondisi kaki, kunjungi ortophedic kepercayaan atau konsultasikan pada tim The Sole Studio di nomor 081316004116. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi store kami di FX Mall Sudirman, Jakarta.

More Blog

Custom Insole dan Solusi Kaki Sehat

Terkadang, memilih alas kaki dalam (insole) yang tepat tak semudah memilih sepatu ideal. Untuk itu, custom insole...

Selengkapnya

Cara Nyaman dan Sehat Menggunakan Flat Shoes

Secara umum, flat shoes merupakan jenis sepatu yang menjadi favorit para wanita untuk dikenakan dalam berbagai acara,...

Selengkapnya

Memilih Insole yang Tepat Sesuai Karakter Lekuk Telapak Kaki

Insole adalah bagian penting dalam alas kaki yang berfungsi menjaga kesehatan dengan menyangga posisi lekuk telapak kaki.

Selengkapnya

Jogging di pagi hari, apa saja manfaatnya?

Pagi hari adalah waktu yang cocok untuk melakukan olahraga. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa udara pagi...

Selengkapnya