Insole Sepatu untuk Kaki Lansia

Insole-Sepatu-untuk-Kaki-Lansia-Image-Post
Insole Sepatu untuk Kaki Lansia
– Seiring bertambahnya usia, beberapa aspek fisik pada tubuh pun akan berubah. Meliputi bagian yang dapat dilihat langsung, seperti kerutan atau bintik di kulit dan rambut yang mulai memutih, serta penurunan fungsi organ-organ dalam tubuh karena usia yang semakin menua.

Salah satu bagian tubuh yang terkena dampak penuaan adalah kaki. Kaki jarang mendapat perhatian karena sering tertutup saat dipakai beraktivitas. Padahal ketika terjadi sesuatu pada kaki kita, aktivitas yang dilakukan dapat seketika berhenti karena kaki tidak dapat digunakan.

Pada lansia, terdapat beberapa macam permasalahan kesehatan yang sering menyerang area kaki. Terutama pada lansia, kaki adalah bagian tubuh yang menjadi rapuh ketika usia sudah senja. Sumber masalah dapat berasal dari tulang, persendian maupun tampilan fisik kaki yang tidak lagi kuat dan kokoh seperti dulu.

Berikut ini adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada kaki lansia. Kenali sumber masalahnya supaya ketika permasalahan terjadi, Anda dapat segera melakukan tindakan pengobatan. Simak daftarnya berikut ini:

Nyeri di bawah Jempol Kaki

Permasalahan ini dialami ketika ada benjolan yang muncul di antara persendian tulang di area di bawah jempol kaki. Tanda-tandanya dapat langsung diketahui apabila terdapat benjolan di sisi luar di bawah jempol kaki dan kulit menjadi kemerahan. Area yang benjol tersebut akan terasa sakit saat disentuh atau dipakai bergerak.

Hammertoes

Hammertoes merupakan adanya kelainan bentuk pada sendi tengah jari-jari kaki sehingga sulit untuk diluruskan dan akhirnya menyerupai bentuk palu. Kondisi yang demikian ini menyebabkan rasa sakit pada kaki dan menyebabkan seorang lansia menjadi sulit berjalan karena rasa nyeri yang dirasakan ketika bergerak.

Masalah dengan Kuku Jari Kaki

Banyak permasalahan kaki yang berawal dari jari kaki. Ketika lansia tidak lagi mampu mencapai jari kakinya dengan mudah, maka perawatan kaki pun menjadi tidak sebaik sebelumnya. Kondisi kuku kaki yang terabaikan dapat mengakibatkan penebalan, perubahan warna, jamur kuku dan bahkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam

Arthritis

Penyebab permasalahan yang satu ini adalah kaki yang bengkak dan terasa nyeri. Rheumatoid arthritis dan encok dapat menyebabkan kaki menjadi tidak berfungsi, akibatnya kaki akan terasa sakit saat dipakai berjalan atau bergerak.

Diabetes

Adanya penyakit diabetes yang diidap seorang lansia dapat mengganggu sirkulasi ke kaki atau menghambat rasa di kaki. Pasien diabetes mungkin juga memiliki bisul pada kaki yang tidak dapat sembuh. Karena adanya gangguan pada kaki ini, menyebabkan seorang lansia menjadi kurang leluasa bergerak dan beraktivitas.

MENCEGAH KAKI SAKIT PADA LANSIA

Permasalahan kaki yang terjadi pada lansia sifatnya tidak dapat dihindarkan. Kondisi fisik yang tidak seprima dulu dapat menjadi faktor terbesar yang menjadikan seorang lansia mengalami berbagai isu dengan bagian kakinya. Untuk itu diperlukan tindakan preventif supaya kondisi yang menua tersebut tidak perlu mengalami permasalahan kaki yang menyebabkan seseorang berhenti beraktivitas.

Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan alas kaki yang tepat untuk kaki lansia. Penyusutan ukuran kaki dapat terjadi pada lansia. Sepatu yang dulunya pas, bisa jadi sekarang menjadi terlalu besar dan tidak nyaman untuk dipakai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran, Insole Salah Satu Solusinya

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan bantuan insole sepatu. Kaki juga akan lebih nyaman digunakan dengan insole sepatu yang ukurannya tepat dengan kaki pemakainya. Anda dapat mencoba insole kesehatan yang disediakan oleh The Sole Studio, supaya kaki tetap dapat digunakan dengan nyaman meski usia sudah bertambah tua.

Solusi Kaki Sehat

Hindari terhambatnya aktivitas karena kondisi kaki yang melemah atau mengalami permasalahan yang sebenarnya dapat dicegah atau diatasi dengan cepat. Hubungi kami di 081316004116 atau kunjungi store The Sole Studio di FX Mall Sudirman, Jakarta. Tim kami akan dengan senang hati membatu Anda memilih produk yang tepat untuk kaki Anda.

More Blog

Cegah Kaki Sakit Dengan Rajin Merawat Sepatu

Sepatu merupakan salah satu hal yang hampir selalu melekat pada kaki kita. Selain karena fungsinya sebagai alas...

Selengkapnya

The Sole Studio, solusi masalah sakit pada kaki anda

The Sole Studio percaya setiap orang dilahirkan dengan bentuk serta kondisi telapak kaki yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan...

Selengkapnya

Jogging Sore Hari, Apa Saja Manfaatnya?

Kebanyakan orang beranggapan jika waktu jogging yang paling efektif adalah ketika pagi hari. Hal inipun juga dibenarkan...

Selengkapnya

Diet Sehat dengan Lari Pagi

Obesitas atau dapat disebut kegemukan adalah masalah yang sangat merepotkan terutama bagi kaum wanita karena akan mengganggu...

Selengkapnya