Healthy
Lifestyle

Orthotics

Sepatu merupakan benda yang biasa kita pakai dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kaki kita agar tidak terluka jika berjalan di berbagai medan. Di era milenial seperti sekarang ini, sepatu tidak hanya menjadi pelindung kaki saja, namun sepatu juga sudah menjadi salah satu item fashion bagi kebanyakan orang. Sejalan dengan banyaknya model sepatu yang dijual di pasaran, satu orang dapat dipastikan memiliki lebih dari satu sepatu. Melihat hal itu, sepertinya sepatu merupakan salah satu benda yang selalu melekat pada tubuh kita dan tidak bias lepas dari kehidupan sehari-har. Namun ternyata sebagian besar orang tidak mengetahui apa saja bagian-bagian dari sepatu yang mereka pakai. Secara umum bagian-bagian pada sepatu meliputi item-item berikut :

bagian-sepatu

  • Insole
    Insole adalah sebuah lapisan bahan yang berada diantara sol dan telapak kaki. Ada insole yang menyatu dengan sepatu dan ada yang dapat dilepas. Insole dapat menambah kenyamanan pemakai karena teksturnya yang lembut dan empuk. Bentuk insole akan selalu mengikuti lekuk telapak kaki.
  • Midsole
    Bagian ini berada di samping persis diatas outsole. Biasanya bagian ini melingkar menyeluruh pada sepatu. Outsole berfungsi untuk menjaga upper tetap terintegrasi dengan outsole.
  • Outsole
    Outsole merupakan sol yang berada pada bagian bawah sepatu yang menapak ke tanah. Bagian ini biasanya terbuat dari kulit sintetis, karet, plastik hingga kayu. Pada sepatu, outsole merupakan bagian terkuat pada sepatu. Fungsi outsole yaitu menopang berat badan pemakai dan selalu bersentuhan dengan berbagai medan (tanah, lantai, batu, dll) di segala kondisi.
  • Vamp / Upper
    Secara umum upper adalah bagian atas sepatu / penutup, sedangkan bagian samping, depan dan belakang biasa disebut mainbody.
  • Welt
    Welt merupakan bagian dari sepatu yang menjadi penghubung upper dengan sole.
  • Lining
    Bagian ini dapat berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dan membantu sepatu memiliki umur yang panjang.
  • Heel
    Heel (tumit) adalah bagian yang lebih tinggi pada sisi belakang sepatu. Terdapat 2 jenis heel yaitu Heal Seat yang merupakan bagian atas tumit dan Top Piece yang berada pada bagian tumit yang bersentuhan dengan tanah.
  • Lacing
    Bagian sepatu yang digunakan untuk menempatkan tali sepatu. Bagian ini berguna untuk mengunci kaki agar sepatu dapat pas dan tidak lepas dari kaki.
  • Tongue
    Tongue atau lidah sepatu berada dibagian tengah sepatu. Bagian ini biasanya sebagai pemisah antara tali sepatu dengan kaki bagian atas. Tongue digunakan untuk menjaga kenyamanan pergelangan kaki pengguna bagian atas.

Sebenarnya masih banyak lagi bagian-bagian dari sepatu, tergantung jenis dan modelnya. Namun secara umum kebanyakan sepatu memiliki bagian-bagian utama seperti yang telah dijelaskan diatas. Hal ini dirasa cukup bagi orang awam untuk mengetahui komponen-komponen penting yang ada pada sepatu.

Berbeda halnya jika Anda ingin membangun sebuah usaha laundry sepatu. Melihat peluang sepatu sudah menjadi  gaya hidup masyarakat, maka anda perlu memahami benar apa saja bagian-bagian pada sepatu dan bagaimana metode mencucinya. Customer pasti tidak mau jika sepatu yang mereka gunakan cepat rusak. Untuk itu kami menyarankan anda belajar mengenai bagian-bagian pada sepatu Sneaker, karena sepatu jenis ini memiliki komponen paling banyak.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at