Healthy
Lifestyle

Sepatu adalah salah satu benda yang hampir selalu melekat pada kaki kita. Selain fungsi utamanya untuk melindungi kaki dari gangguan benda asing, sepatu juga menjadi salah satu trend fashion. Tahukah Anda apa perbedaan sepatu dengan harga Rp 100.000 dengan sepatu harga Rp 1.000.000? salah satu faktor pembedanya adalah pada kualitas bagian-bagian sepatu. Secara umum, ada 3 komponen bagian yang harus ada pada sepatu yaitu:

  1. Insole

Insole adalah bagian sepatu yang terletak di bagian bawah, tepatnya alas yang menjadi injakan kaki. Insole biasanya dapat dilepas dan diganti dengan baru jika terjadi kerusakan.

  1. Upper

Upper adalah bagian sepatu yang menutupi seluruh kaki bagian atas. Jika dipelajari lebih lanjut, bagian upper ini dapat dipisah menjadi vamp, heel, eyelet, dll tergantung jenis sepatu.

  1. Outsole

Outsole adalah bagian penting yang bertugas melindungi telapak kaki yang letaknya berada dibawah sepatu. Kebanyakan orang menyebut bagian ini dengan nama sol sepatu.

Insole untuk mengatasi sepatu kebesaran

Setelah mengetahui apa saja bagian-bagian penting yang harus ada pada sepatu, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menggunakan insole untuk mengatasi sepatu yang terlalu besar di kaki. Sepatu yang terlalu besar tentu tak akan nyaman digunakan karena bagian dalamnya terlalu longgar. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi sepatu kebesaran:

  • Gunakan insole sebagai pengganjal

Insole yang merupakan bagian pokok pada sepatu juga bisa digunakan untuk mengatasi sepatu yang terlalu besar. Hal ini karena insole terbuat dari bahan yang lembut seperti busa atau gel. Insole yang terletak dibawah telapak kaki berguna sebagai bantalan pada kaki. Insole juga biasa digunakan untuk membantu mengatasi masalah postur tubuh dan ketidaknyamanan pada sebagian orang. Salah satu insole kesehatan yang dapat digunakan jika Anda memiliki masalah kaki adalah insole milik The Sole Studio. Untuk membuat insole sebagai pengganjal sepatu yang kebesaran, Anda bisa membeli insole baru kemudian meletakkannya dibagian dalam sepatu diatas insole bawaan sepatu. Harga insole sepatu yang tidak terlalu mahal dan mudah ditemukan menjadi salah satu alasan banyak orang menggunakan insole untuk mengatasi masalah sepatu yang terlalu besar.

  • Gunakan bantalan pada telapan kaki

Sebagian orang tidak merasa nyaman jika menambahkan insole untuk mengatasi sepatu mereka yang terlalu besar. Jika Anda juga mengalaminya, cara ini dapat membantu Anda. Dipasaran biasanya ada yang menjual alat pengganjal yang lebih kecil dari insole. Pengganjal ini biasanya dapat ditemukan di toko tempat menjaual insole. Bantalan ini dapat Anda pasang tepat dibawah pangkal jari pada telapak kaki. Bantalan ini juga memiliki baebagai warna yang dapat Anda pilih sesuai selera.

  • Gunakan heel strip

Benda lain yang dapat digunakan untuk mengganjal sepatu agar tak kebesaran adalah heel strip. Bantalan ini sering digunakan untuk menggajal sepatu hak tinggi yang tak nyaman serta menyakitkan ketika dipakai. Heel strip merupakan salah satu alternative yang cocok digunakan karena desainnya yang seperti strip membuat benda ini dapat masuk dibagian manampun pada sepatu yang terasa kebesraan.

  • Gunakan kaos kaki

Menggunakan kaos kaki adalah alternatif paling mudah dan murah untuk mengatasi sepatu yang terlalu besar. Caranya adalah dengan memakai kaos kaki tebal. Jika Anda mengguanakn kaos kaki biasa atau bahkan stocking yang kurang tebal, maka Anda dapat menggantinya dengan menggunakan kaos kaki olahraga yang cenderung lebih tebal. Pilihan ini akan menjadi alternatif terbaik ketika berada di cuaca panas yang menyebabkan kaki cenderung lebih cepat berkeringat.

  • Gunakan bahan yang mudah dikepal

Jika dalam keadaan terdesak akan menghadiri suatu acara atau lainnya yang mengharuskan Anda menggunakan sepatu, Anda dapat menggunakan bahan yang mudah dikepal untuk mengganjal sepatu yang terlalu besar. Bahan-bahan tersebut adalah kertas, tisu, atau kaintipis yang sudah tidak digunakan. Jenis pengganjal ini sangat cocok dipakai ketika berolahraga atau ketika melakukan perjalanan jauh. Namun, ganjalan juga dapat berubah menjadi benda yang menjijikkan jika dipakai secara terus-menerus.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at