Healthy
Lifestyle

Flat foot atau kaki datar adalah salah satu kelainan pada kaki dimana lekukan di bagian dalam telapak kaki rata, tidak seperti pada kaki normal yang memiliki lekukan. Akibatnya seluruh telapak kaki menyentuh lantai ketika berdiri. Sakit kaki jenis ini dialami oleh 20-30% manusia di dunia. Dalam istilah kedokteran, flat foot disebut dengan pes planus atau fallen erches.

Penyebab flat foot

               Penyebab umum kaki datar biasanya adalah dari faktor genetik, jadi kelainan ini diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam kasus ini, kebayakan penderita akan mengalami flat foot fleksibel. Kelainan ini bisa terjadi sejak bayi berada di dalam Rahim, dimana terjadi masalah dengan sendi atau terjadi kondisi dimana dua atau lebih tulang menyatu. Kondisi ini disebut dengan koalisi tarsal.

               Kaki datar juga dapat muncul ketika seseorang dewasa, hal ini biasanya disebabkan karena obesitas. Jenis kelainan ini sering disebut adult-acquired. Biasanya kondisi ini terjadi karena adanya peregangan berlebihan, penggunaan berlebihan atau terjadi kerusakan pada tendon tibialis posterior. Peyebab utama peregangan pada tendon tibialis posterior adalah karena tendon ini menopang beban terllau banyak (obesitas) dalam kurun waktu yang lama. Hal ini dapat menjadi lebih parah jika penderita memakai alas kaki yang tidak mendukung.

 Tipe-tipe kaki flat foot

  1. Fleksible Flat foot

Flat foot fleksible adalah jenis sakit kaki yang paling umum dimana seseorang tidak memiliki lengkungan di telapak kakinya. Penyebab kelainan ini terjadi karena kapsul sendi dan ligamen yang menopang sendi kaki lemah, sehingga lengkungan kaki akan turun ketika diberi beban.

  1. Rigid flat food

Sakit kaki jenis ini biasanya adalah kondisi lanjutan dari flat foot fleksible. Rigid flat foot termasuk jenis sakit kaki yang langka dialami oleh seseorang. Penderita rigit flat foot sama sekali tidak memiliki lengkungan pada posisi kaki menahan beban ataupun tidak. Jika kondisi ini menandakan adanya kelainan tulang, kelainan genetik, kondisi neurologis, ketidakseimbangan otot, atau cedera otot.

 

Cara merawat kaki datar

Kelainan telapak kaki ini tentu dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh seseorang. Sehingga hal ini dapat menghambat aktivitas penderita dan dapat mempengaruhi pola jalannya.  Bagi penderita flat feet, menggunakan sepatu biasa akan sangat menyika. Hal ini karena penderita flat foot memiliki lengkungan yang sangat sedikit atau bahkan tidak memiliki lengkungan di telapak kakinya. Berikut beberapa cara mengatasi jenis sakit kaki datar (flat foot):

  1. Memilih sepatu yang tepat

Sepatu yang cocok digunakan oleh penderita flat foot adalah sepatu dengan bantalan yang cukup di dalamnya. Sepatu jenis ini lebih cocok digunakan disbanding dengan sepatu yang tidak memiliki bantalan (insole) didalamnya. Saat ini dipasaran telah banyak dijual produk sepatu khusus penderita sakit kaki jenis flat foot ini. Sepatu untuk flat foot dirancang secara khusus untuk mengatasi kelainan lengkungan pada kaki yang tidak normal.

 

  1. Penggunaan insole sepatu kesehatan

Untuk menjaga kenyamanan berjalan bagi penderita flat foot, sepatu khusus perlu digunakan. Namun jika sulit menemukan sepatu khusus, produk insole sepatu kesehatan milik The Sole Studio dapat menjadi solusi untuk Anda. Produk insole milik The Sole Studio dibuat secara khusus untuk masing-masing konsumen. Sehingga Anda tak perlu khawatir insole sepatu ini akan terlalu besar atau kekecilan untuk ukuran sepatu Anda.

Setiap konsumen yang akan memesan produk insole milik the sole studio akan menjalani scan kak untuk mengetahui kondisi telapak kaki Anda sekaligus untuk mengetahui ukuran kaki konsumen. Setelah itu, kami akan membuatkan insole Anda, dan jika sudah selesai kami akan mengirimkannya ke alamat Anda. Insole ini tak perlu diragukan lagi pada segi kenyamanan. Karena kami selalu melakukan checking untuk memastikan produk yang sampai di customer adalah barang terbaik.

Anda bisa datang ke outlet kami di:

  1. FX Mall Sudirman (FB#l10)
    Jl. Jendral Sudirman - Pintu 1 Senayan, Jakarta.
     
  2. Lotte Shopping Avenue (GF-E6)
    Jl. Professor Doktor Satrio no. 3 - 5, Jakarta Selatan.

 

Atau Anda juga dapat menghubungi 081316004116 untuk konsultasi atau melalui website kami di www.thesolestudio.com

 

  1. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan adalah salah satu penanganan untuk flat foot. Dengan melakukan penurunan berat badan, maka akan mengurangi tumpuan pada kaki.

 

  1. Terapi orthotic

Foot orthotic fungsional adalah perangkat medis yang dirancang untuk mengontrol fungsi kaki dan anggota tubuh bagian bawah agar selaras. Alat ini digunakan untuk menopang lengkungan kaki. Selain itu, perangkat ini juga digunakan untuk meluruskan kembali struktur kaki untuk mencegah kelainan struktur tulang, tendon dan ligamen. rthotic dirancang dengan standar yang tepat, menggunakan teknologi terbaru dalam biomekanik dan dibuat khusus untuk kaki Anda, berdasarkan biomekanik dan morfologi kaki Anda. Perangkat ini bertujuan untuk mengontrol gerakan sendi dengan tepat, memfasilitasi dan meningkatkan gerakan pada sendi tertentu sementara membatasi gerakan sendi yang lain, dengan tujuan keseluruhan untuk mempersiapkan kaki untuk keselarasan kaki yang optimal dan memfungsikan setiap tahap dari siklus berjalan.

 

  1. Terapi bedah

Dalam kasus kelainan kaki flat foot, pembedahan adalah langkah yang jarang dilakukan. Namun jika penderita sudah mengalami gangguan bawaan dari lahir, maka perlu dilakukan pembedahan untuk meluruskan tulang atau memisahkan tulang yang menyatu.

Baca juga : Pilih Sepatu dengan Insole Terbaik Untuk Anak

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at