Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Memilih produk sepatu yang tepat akan memberi Anda banyak manfaat. Terutama bagi kenyamanan dan tumbuh kembang kaki lebih maksimal. Sayangnya hal ini yang kurang diperhatikan sehingga berdampak buruk pada munculnya beragam permasalahan termasuk sakit yang dirasakan pada telapak kaki.

Beberapa hal sering disarankan menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah sepatu. Terlebih jenis sepatu yang akan digunakan untuk aktivitas tinggi, seperti berolahraga.

Mencari beragam jenis sepatu, terutama untuk kebutuhan olahraga tentu bukan hal sulit. Beragam produk ditawarkan baik secara offline (di toko dan pusat perbelanjaan) hingga secara online.

Beberapa sepatu menawarkan fitur model kekinian. Namun pertanyaannya, apakah sesuai produk tersebut untuk kebutuhan kita? Bukan perkara sepele, kesalahan pemilihan sepatu untuk aktivitas sehari-hari bisa berdampak, baik ringan hingga berat. Dan hal ini bisa terjadi dalam waktu dekat, juga bisa dalam jangka waktu lama.

Misalnya, jenis sepatu dengan ukuran kecil akan membuat kaki tersiksa, susah bernafas dan muncul gejala kaki stress. Gejala ini biasa ditandai dengan banyak hal, diantaranya nyeri karena kaki lecet, dan telapak kaki sakit.

Tanpa penanganan dan tindakan pencegahan lebih lanjut, perubahan struktur kaki yang berkesinambungan pada akhirnya memunculkan permasalahan serius. Salah satunya perubahan struktur tulang betis, pinggul dan rasa nyeri di bagian tersebut.

Lebih parah lagi, terganggunya masalah keseimbangan karena rangkaian permasalahan yang berawal dari kaki membuat orang rentan terjatuh. Terutama saat berolahraga, risiko ini bisa berakibat lebih fatal.

 

Kesalahan Memilih dan Memakai Sepatu

Seperti dikutip dari laman HalloSehat, ada beberapa kesalahan yang sering Anda lakukan dalam menjatuhkan pilihan produk sepatu yang dibutuhkan. Berikut beberapa kesalahan tersebut, diantaranya :

 

  • Memakai Patokan Sepatu SMA

Menurut ahli penyakit kaki sakit Katherine Dux, DPM, pada dasarnya seperti bagian tubuh lain, kaki seseorang akan berkembang seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini perkembangan kaki meliputi lekuk telapak kaki yang semakin panjang dan melebar. Dan biasanya hal ini akan terjadi setiap tahun. Ini artinya, sebelum menjatuhkan pilihan, tak ada salahnya Anda mencoba sepatu tersebut. Cara ini lebih ampuh dalam menentukan ukuran sepatu. Apakah kekecilan, pas atau terlalu besar.

  • Kebiasaan Menekuk Jari Kaki

Karena ukuran sepatu terlalu kecil, disadari atau tidak seseorang sering menekuk jari kaki saat mengenakan jenis alas kaki ini. Dalam waktu lama, kebiasaan ini akan mengubah struktur kaki secara permanen. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan ini saat membeli sepatu. Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah, memberi sedikit ruang untuk kaki, dengan memilih nomor sedikit besar. Pasalnya, semakin sering kaki digunakan untuk beraktivitas, biasanya bentuk dan struktur kaki akan menjadi lebih besar dan lebar.

  • Munculnya Risiko Telapak Kaki Sakit

Munculnya permasalahan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya, pemilihan nomor sepatu yang terlalu besar. Hal ini bisa berdampak pada bagian otot bawah kaki mengeras. Kemunculan dampak pada telapak kaki sakit sering juga memicu munculnya permasalahan lain. Seperti munculnya masalah plantar fasciitis, adalah kondisi peradangan yang terjadi di bagian tendon, meliputi bagian bawah kaki hingga tumit.

  • Gejala Patah Tulang Ringan

Sepatu yang salah, pada akhirnya juga dapat menyebabkan munculnya risiko patah tulang kecil karena tekanan. Permasalahan ini biasa terjadi di beberapa bagian kaki. Seperti tumit, dan bagian kaki depan. Gejala ini sering disebabkan karena bantalan kaki yang kurang memadai. Sehingga tidak dapat menopang telapak kaki dengan sempurna. Untuk mengatasinya, pilih sepatu dengan bantalan kaki nyaman, atau Anda bisa menambahkan produk insole kesehatan yang terbukti sangat baik untuk kesehatan kaki.

  • Munculnya Gejala Tendonitis

Tendonitis adalah peradangan yang terjadi di beberapa bagian kaki, terutama dibagian telapak. Kemunculan masalah ini sering disertai dengan gejala telapak kaki sakit. Meski demikian, masalah ini juga kerap muncul di bagian pergelangan kaki atau di tepi luar kaki. Munculnya gejala permasalahan ini sering diakibatkan karena jari kaki yang tertekuk akibat sepatu (kekecilan). Selain itu, gejala penyakit ini juga sering disebabkan karena kaki stress. Kaki sress adalah istilah yang menggambarkan kaki kurang mendapat perhatian lebih. Sering digunakan, namun bagian telapak kurang didukung bantalan kaki atau insole yang tepat.

  • Sol dan Insole Terlalu Tipis

Kejadian ini bisa terjadi karena memang produk sepatu dilengkapi dengan bagian tersebut sangat tipis. Atau sepatu yang sudah usang karena sering digunakan, sehingga bagian sol dan insole terlalu tipis. Penggunaan sol dan insole (bantalan kaki) terlalu tipis dapat menyebabkan beragam permasalahan, termasuk telapak kaki sakit yang bisa menjalar kemana-mana. Oleh karena iti, pilih sepatu dengan dua bagian ini memiliki ketebalan ideal. Usia sepatu rata-rata 9-12 bulan, tergantung seberapa sering Anda menggunakan. Lepas dari waktu tersebut, bagian sol dan insole sepatu akan menjadi sangat tipis. Yang artinya, Anda membutuhkan sepatu baru.

  • Terlukanya Bagian Kuku, Hingga Lepas

Bagian ujung kuku juga akan menjadi korban dari kesalahan pemilihan nomor sepatu terlalu kecil. Akibatnya jari kuku mudah bermasalah, ditandai dengan munculnya warna hitam, bahkan lepas. Tak selalu kesalahan sepatu, masalah ini juga sering muncul dari kebiasaan lalai memotong kuku. Sehingga bagian ini mudah mengalami tekanan saat bersepatu dan berakibat rusak.

Baca Juga : Masalah Kaki Sakit dan Tips Mengatasinya

 

Mengatasi Masalah Kaki Sakit dengan Alas Kaki Ideal

Pentingnya memilih sepatu yang tepat untuk mendukung aktivitas harian, penting dilakukan mengingat dampak buruk yang bisa kita alami. Hal tersebut rupanya dapat dilakukan dengan beberapa tindakan pencegahan, sebagai berikut.

  • Saat mencoba sepatu, sebaiknya Anda melakukan dengan mengenakan kaus kaki. Cara ini memungkinkan Anda mendapat ukuran sepatu sedikit lebih besar, dan hal tersebut paling dianjurkan.
  • Tak hanya mengukur seberapa panjang sepatu yang pas di kaki, lebar sepatu juga hal penting yang perlu diperhatikan pada saat memilih jenis sepatu yang cocok.
  • Pada dasarnya, kaki yang terlalu sering digunakan akan lebih besar dibanding saat tidak beraktivitas. Ini alasan kenapa kaki terasa lebih besar di malam hari ketimbang pagi atau siang hari.
  • Penggunaan produk insole akan menambal ruang sepatu yang agak kedodoran. Penggunaan bantalan telapak kaki ini juga bermanfaat memperbaiki struktur kaki lebih baik.
  • Jangan ragu mencoba sepatu bagian kiri dan kanan. Beberapa orang kadang memiliki ukuran sepatu berbeda antara kedua bagian kaki tersebut. Nomer paling besar paling disarankan dalam hal ini.
  • Membeli sepatu secara offline lebih disarankan karena Anda bisa langsung mencobanya. Meski demikian, beberapa brand sepatu memiliki ukuran yang sudah pakem, dan Anda bisa membeli tanpa harus mencoba.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Kaki

 

telapak kaki sakit, kaki sakit, insole, insole kesehatan, insole sepatu, tips memilih sepatu, tips memilih sepatu pria, tips memilih sepatu wanita, memilih sepatu, sepatu, sepatu olahraga, jari kaki, jari kaki sakit, patah tulang,patah tulang kaki, patah tulang tangan, patah tulang tangan kanan, patah tulang tangan kiri, sol sepatu, insole sepatu, sakit kuku, sakit kuku ibu jari kaki, beli sepatu, jual sepatu

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at