Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Sebagai bagian dari fashion, sepatu sering digunakan untuk meningkatkan penampilan seorang wanita. Sayangnya, hal tersebut tak jarang kerap mendatangkan permasalahan tersendiri, termasuk munculnya masalah telapak kaki sakit (Sakit Tumit Kaki) yang tak jarang berdampak cukup serius.

Seperti dikutip dari KOMPAS, memanfaatkan sepatu dalam hal estetika bukan sebuah “dosa besar” bagi kesehatan kaki seorang wanita. Karena dengan trik tertentu, menggunakan sepatu fashion bisa juga digunakan cukup nyaman tanpa risiko munculnya permasalahan kaki sakit.

Berikut beberapa jenis sepatu yang akan memberi dampak buruk pada kaki, dan cara menghindari risiko tersebut :

 

  • Sepatu Flat

Sepatu ini cocok untuk aktivitas santai, dan sangat nyaman digunakan untuk beberapa jenis aktivitas ringan. Namun, fungsi nyaman akan hilang jika sepatu tidak didukung dengan bantalan kaki atau insole yang memadai. Dampaknya, penggunaan sepatu rata tanpa insole yang memadai dapat berakibat pada munculnya risiko masalah kaki sakit jenis plantar fasciitis dan masalah achilles (masalah otot kaku yang terjadi pada bagian kaki). Kedua permasalahan ini kerap menimbulkan rasa sakit Tumit kaki kanan dan kiri serta bagian kaki yang lain.

 

Tips Mengatasinya : Untuk menghindari dampak buruk kedua permasalahan tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal antisipasi. Salah satunya tidak menggunakan jenis sepatu ini dalam intensitas lama dan berjalan dengan jarak jauh. Untuk memberi rasa nyaman, Anda bisa menambah bantalan insole seperti yang dimiliki The Sole Studio yang akan memberi treatment khusus, sehingga masalah kaki stress bisa dihindari. Cara ini akan membuat penampilan Anda maksimal tanpa harus “menyiksa” kaki.

 

  • Jenis Sepatu Sandal

Jenis alas kaki ini seperti sepatu flat, akan memberi kesan santai pada penampilan Anda. Namun penggunaan terlalu sering kerap menyebabkan telapak kaki kaku karena terlalu sering menggenggam sepatu. Sehingga terkadang timbul rasa nyeri di telapak kaki.

 

Tips Mengatasinya : Agar lebih nyaman, Anda bisa memilih jenis sepatu sandal dengan pengikat tali. Pilih produk dengan pengikat sesuai dengan telunjuk kaki. Pemilihan ukuran sepatu atau pengikat terlalu kecil tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko kaki sakit.

Selain itu, untuk menghindari rasa sakit pada kaki, Anda bisa mengendurkan bagian pengikat tali. Cara ini akan memberi waktu istirahat pada kaki. Sehingga saat digunakan kaki lebih maksimal menopang tubuh.

 

  • Sepatu Hak Tinggi

Jenis sepatu ini memberi kesan sensual di penampilan Anda. Cocok untuk acara resmi hingga santai. Namun penggunaan jenis sepatu ini kerap membuat beberapa bagian kaki bekerja ekstra keras dalam menopang tubuh. Seperti bagian lutut, dan jari kaki (menjadi tumpuan utama) bekerja lebih berat. Sehingga kedua bagian tersebut kerap mengalami masalah. Terutama pada saat sepatu digunakan dalam intensitas waktu lama. Kebiasaan ini juga kerap menyebabkan munculnya masalah nyeri tumit kaki belakang.

Tips Mengatasinya : Untuk menghindari risiko tersebut, Anda bisa memiliki jenis sepatu dengan tumit yang tak terlalu tinggi (rendah). Cara ini bisa jadi solusi, terutama dalam hal menjaga kesehatan kaki.

Cara lain, jangan gunakan jenis sepatu ini dalam waktu lama, dan berjalan dengan jarak yang jauh. Jika terpaksa harus menggunakan (Karena alasan pekerjaan dan sebagainya) Anda bisa menambahkan bagian bantalan kaki atau insole kesehatan yang akan memberi kenyamanan pada kaki.

 

  • Sepatu atau Sandal dengan Ujung Runcing

Sepatu atau sandal berujung runcing sering digunakan dalam meningkatkan penampilan, dengan kesan elegan. Namun penggunaan jenis alas kaki ini kerap membuat jari kaki sakit karena ruang yang terlalu sempit.

Kebiasaan menggunakan jenis alas kaki ini pada akhirnya membuat Anda berisiko mengalami masalah Hammertoe. Hammertoe adalah kondisi cacat yang terjadi di sendi jari kaki, sehingga membuat jari (selain jempol) mengalami bengkok. Kondisi ini disebabkan karena ketidak seimbangan posisi berdiri yang berakibat pada permasalan di bagian otot kaki, bagian telapak kaki dan ligamen.

 

Tips Mengatasinya : Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih produk sepatu dengan bagian ujung lebih lebar. Cara ini digunakan untuk memberi ruang jari kaki, terutama pada saat kaki digunakan dalam beraktivitas.

Selain itu, pilih sepatu dengan ukuran yang pas, atau sedikit besar. Untuk menghindari pembelian sepatu berukuran lebih kecil dari kaki, Anda bisa melakukan dengan membeli sepatu di sore hari, setelah kaki digunakan untuk beberapa aktivitas.

 

  • Sepatu Pantofel

Jenis sepatu wanita ini biasanya memiliki tumit tinggi, sehingga seperti sepatu berhak tinggi, penggunaan jenis sepatu ini kerap berdampak pada lutut dan telapak kaki sakit. Tanpa penanganan yang baik, dampak lebih serius bisa saja terjadi.

 

Tips Mengatasinya : Hindari produk sepatu dengan hak terlalu tinggi. Untuk menghindari hal buruk, Anda juga bisa memilih produk dengan bagian bantalan kaki atau insole sesuai dengan lekuk kaki. Cara ini dapat meminimalisir beban berat yang disalurkan secara merata di kaki.

Baca Juga : Seperti Makanan, Sepatu Juga Bisa Kadaluarsa

 

Sekilas tentang Plantar Fasciitis, Sakit Kaki

Plantar fasciitis adalah masalah kaki sakit yang timbul dengan gejala sakit tumit kaki belakang. Munculnya permasalahan ini biasa disebabkan penggunaan sepatu berhak tinggi, sepatu datar dan kesalahan penggunaan sepatu lain yang digunakan dalam intensitas tinggi.

Selain itu, munculnya permasalahan ini juga kerap dipicu dari ketegangan pada otot betis, kondisi hamil pada wanita, obesitas dan kebiasaan berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama. Nyeri Tumit kaki kiri dan kanan sering terjadi secara bersamaan. Beberapa kejadian, rasa nyeri hanya dirasakan satu bagian kaki.

Distribusi berat badan yang kurang merata menjadi alasan posisi kaki menjadi miring. Sehingga kebiasaan ini menghilangkan lengkungan telapak kaki, dan membuat bagian ini menjadi datar. Kemunculan masalah ini kerap dirasakan pada saat pagi hari.

Seperti dikutip dari AloDokter, dalam kondisi ringan masalah ini bisa diatasi dengan beberapa terapi sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Seperti kompres dengan air dingin, menggantung kaki dengan tujuan memperlancar peredaran darah, dan penggunaan insole kesehatan atau bantalan kaki yang didesain sesuai lekuk kaki Anda.

Permasalahan serius sangat mungkin terjadi jika permasalahan ini tak ditangani dengan baik dan benar. Untuk solusi lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan dan pengobatan medis yang tepat.

Baca Juga : Sepatu dan Biang Telapak Kaki Sakit

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at