Healthy
Lifestyle

Fungsinya dalam memberi kenyamanan kaki membuat produk insole Indonesia menjadi fenomena tersendiri terutama dalam mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan kaki. Karena fungsinya sebagai penopang kesehatan kaki, produk ini juga dikenal dengan istilah Ortetic insole.

Tak hanya sebagai pelengkap bagian sepatu, insole atau bantalan kaki pertama kali diciptakan dengan tujuan media terapis kaki. Kaki merupakan bagian tubuh yang mudah sekali lelah, dan cidera setelah karena beraktivitas sehari-hari (Sumber).

Bantalan kaki dianggap dapat memberi kenyamanan setelah kaki seharian digunakan terlalu banyak berdiri atau berjalan. Dan hingga kini material ini menjadi bagian penting dari sepatu, terutama dalam hal kenyamanan.

Bagi orang yang mengetahui fakta ini, memilih sepatu tak selalu didasari atas pertimbangan estetika. Kenyamanan dengan pertimbangan bantalan telapak kaki atau insole sering menjadi kriteria.

Sayangnya, tak semua produk sepatu menyediakan bantalan kaki nyaman, sesuai dengan postur telapak kaki seseorang. Sehingga membuat produk ini akhirnya ditawarkan terpisah. Dengan tujuan dapat digunakan untuk berbagai jenis alas kaki sesuai keinginan.

Perbedaan postur tubuh dan kaki orang Indonesia dan masyarakat internasional membuat produk ini mendapat penyesuaian saat ditawarkan didalam negeri. Sehingga dikenal insole Indonesia yang didesain sesuai dengan postur kaki orang Indonesia.

Istilah Insole Indonesia sudah bukan hal baru lagi dan sudah cukup populer untuk saat ini. Beberapa brand internasional bahkan menawarkan produk dengan penyesuaian postur kaki orang Indonesia. Dengan kelebihan memberi manfaat kenyamanan, kesehatan dan estetika.

Baca Juga : Tips Memilih Sepatu Untuk Menghindari Cidera

 

Insole Indonesia dan Manfaat Kesehatan Ortothic

Produk insole Indonesia digunakan karena beberapa manfaat, terutama berhubungan dengan media bantalan kaki. Secara umum, berikut keuntungan berupa kenyamanan yang akan terasa saat Anda mengenakan produk ini :

Memperbaiki postur dan mengoreksi kelainan yang ada di kaki. Tahukah Anda kelainan yang muncul pada kaki sering berasal dari kebiasaan berdiri atau berjalan. Produk bantalan kaki atau insole Indonesia yang dirancang sesuai karakter kaki, berfungsi mendorong bagian telapak kaki tertentu ke posisi seharusnya, tanpa terasa tersiksa. Kebiasaan benar ini jika dilakukan sesering mungkin akan perlahan-lahan memperbaiki dan mengoreksi bagian kaki yang selama ini mengalami permasalahan.

Mambantu pergerakan tulang sendi. Dibanding bagian tubuh lain, tulang sendi kaki sering berkeja dengan kekuatan ekstra. Karena sebagai penopang bagian tubuh secara keseluruhan. Terutama bagi Anda yang sering berdiri dan berjalan dengan intensitas lama. Bantalan kaki akan berfungsi sebagai penyangga lunak yang dapat mengurangi beban kerja persendian pada kaki. Terutama pada saat digunakan (berdiri, jalan dan berlari).

Membagi beban, sehingga mengurangi tekanan pada bagian tertentu telapak kaki. Karena postur ya yang lunak, bantalan kaki akan berfungsi meredam beban yang sepenuhnya diberikan pada kaki. Hal ini akan memberi kenyamanan tersendiri, dan menghindari kaki mengalami masalah “stress”. Stress kaki sering muncul dengan kemunculan beberapa gejala, seperti rasa pegal dan nyeri pada bagian telapak, betis dan sekitar area kaki.

Mengoptimalkan posisi badan, terutama pada saat berdiri dan berjalan. Postur telapak kaki manusia memiliki bentuk berlekuk, dan tidak datar. Kesalahan posisi berdiri dan berjalan membuat telapak mengalami perubahan struktur. Dan secara umum hal ini dapat berpengaruh pada posisi badan dan sebagainya. Bagi anak-anak, permasalahan yang berawal dari hal ini kerap berdampak pada gangguan keseimbangan dan pertumbuhan menjadi kurang maksimal. Keberadaan bantalan kaki seakan memberi jaminan dengan memperbaiki posisi badan seseorang dari cara berdiri melalui posisi telapak kaki yang baik dan benar.

Melindungi telapak dari gangguan secara fisik. Gangguan kaki tak hanya terjadi dari dalam, tapi juga sering dari luar. Hal tersebut yang juga dapat dieliminasi risikonya dengan menggunakan produk insole atau bantalan kaki.

Bukan cuma fungsi medis, kehadiran produk insole Indonsia seakakan memberi banyak keuntungan. Seperti rasa percaya diri pemakainya karena produk ini dapat memperbaiki postur kaki kurang ideal.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga kerap merasakan dampak buruk dari kesalahan postur kaki. Karena biasanya, secara fisik bentuk kaki anak terlihat berbeda dengan bentuk kaki teman kebanyakan.

Secara sosial, anak kerap menjadi ajang bullying teman-teman mereka, karena fisik yang berbeda. Hal ini pada akhirnya mendorong anak bersikap impulsif, anti-sosial, cenderung pasif dan sebagainya.

Dari beragam solusi, menggunakan produk insole Indonesia merupakan solusi paling efektif dan efisien. Alat ini didesain sesuai dengan kebutuhan bantalan lekukan telapak kaki. Selain menyangga, bagian ini berfungsi mengoreksi bagian dari kaki yang bermasalah (tidak pada tempatnya).

Terapi yang terasa nyaman, tanpa rasa nyeri dan paksaan, akan membuat kelainan berangsur-angsur teratasi. Sekaligus memperbaiki bagian kaki yang mengalami valgus atau varus, dan mengatasi masalah alignment keseimbangan pada kaki dan seluruh tubuh.

Baca Juga : Insole, Bagian Penting dari Sepatu

 

Mengenal Jenis Produk Insole Indonesia

Perkembangan teknologi, membuat varian produk Insole Indonesia berkembang dengan banyak fungsi. Bahkan produk ini juga dapat digunakan atlit dalam mengoptimalkan posisi berdiri dan dalam kebutuhan berlari.

Beragam produk Insole Indonesia ditawarkan dengan struktur berbeda satu dengan yang lain. Tujuannya, agar alat ini dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa varian produk Insole Indonesia :

 

Insole dari bahan Kaku

Jenis Insole ini biasanya difungsikan untuk memperbaiki postur kaki dengan cara mengontrol fungsi kaki. Struktur kaku pada jenis ini biasa dibuat dari bahan thermoplastik atau serat karbon.

Secara umum, insole Indonesia jenis ini bekerja dengan fokus dua persendian utama pada kaki (terletak di persendian bagian bawah pergelangan). Kemampuan ini memberi keuntungan tersendiri. Terutama dalam hal mengatasi rasa nyeri dan sakit di bagian punggung, kaki dan paha karena kesalahan struktur persendian telapak kaki.


Insole dengan bahan Lunak

Jenis insole ini biasanya berfungsi sebagai penjaga keseimbangan. Dengan cara membagi beban yang diterima oleh kaki karena terlalu lama dalam posisi berdiri atau berjalan.

Bahan baku yang digunakan bisa bermacam-maca. Mulai bahan sintetis dan material dengan tingkat kelunakan tertentu. Seperti bahan EVA (Ethylene Vinyl Asetat) yang memiliki intensitas kelunakan beberapa tingkat.

Bantalan kaki jenis ini biasanya direkomendasikan pada orang dengan permasalahan diabetes. Dimana bagian kaki mereka dalam kondisi kehilangan jaringan lemak, sehingga kaki mudah nyeri dan sakit saat terlalu lama digunakan.


Insole untuk Atlit

Atau juga biasa dikenal dengan istilah insole Semirigid. Jenis ini sering dimanfaatkan para atlit dalam menjaga keseimbangan kaki mereka. Sehingga memperlancar proses mobilitas (berjalan hingga berlari).

Alat ini bekerja dengan fokus efisiensi otot dan tendon kaki. Terbuat dari komposisi material lunak dan keras, jenis insole ini didesain untuk atlit atau seseorang dengan mobilitas sangat tinggi.


Insole model Kalibrasi

Karakteristik kaki seseorang berbeda satu dengan yang lain karena beberapa hal. Diantaranya pola aktivitas, kebiasaan, dan berat badan tentu saja. Hal ini membuat kebutuhan bantalan kaki atau Insole berbeda untuk seseorang dibanding orang lain.

Untuk itu, beberapa produk insole diproduksi secara costum dengan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan dan struktur kaki secara personal. Pendekatan medis dan kenyamanan dengan cara ini jauh lebih efektif. Terutama dalam proses terapis, penanganan masalah nyeri dan sakit, hingga memperbaiki postur tubuh.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at