Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Tak hanya setelah beraktivitas, permasalahan kaki sakit, terutama nyeri tumit, juga sering terjadi pada saat bangun tidur. Selain disebabkan karena kesalahan posisi kaki saat tidur, kemunculan masalah ini juga sering disebabkan karena permasalahan kesehatan lain.

Bekerja lebih berat sebagai penyangga tubuh, kaki sering menjadi langganan munculnya beragam masalah kesehatan. Dan bahkan saat Anda tidak aktif, permasalahan pada kaki sakit juga kerap muncul, salah satunya nyeri tumit.

Permasalahan nyeri tumit pada saat bangun tidur, sering diidentikkan dengan tingginya kadar asam urat di tubuh. Dan faktanya, hal tersebut bisa disebabkan oleh satu dan beberapa faktor.

Nyeri tumit pada saat bangun tidur sering disebabkan karena terjadi peradangan di bagian ligamen, atau telapak kaki. Gejala masalah kaki ini biasa dikenal dengan istilah fasciitis.

Fasciitis adalah kondisi dimana otot penyangga yang menghubungkan tulang tumit dengan tulang jari kaki, atau plantar fascia mengalami peradangan. Kondisi ini biasa disebabkan karena ketegangan, yang kemudian membuat bagian tersebut menjadi lemah.

Kondisi ini pada akhirnya berdampak pada pembengkakan atau peradangan. Gejala munculnya permasalahan ini sering dirasakan dengan bagian tumit dan telapak kaki terasa sakit dan nyeri. Sehingga membuat kaki akan terasa sakit saat digunakan untuk berjalan. Kondisi ini biasa terjadi pada saat bangun tidur, dan kondisi ketika duduk terlalu lama.

Dikutip dari KOMPAS, kondisi nyeri telapak kaki dan tumit ini sering dirasakan pada orang berusia 40 hingga 60 tahun. Tak hanya asam urat, menurut dr.Laura Djuriantina, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RS Pondok Indah Jakarta ada banyak faktor penyebab munculnya kejadian tersebut.

Misalnya, terlalu sering beraktivitas dengan menggunakan tumit. Seperti berlari jarak jauh, menari balet dan aerobik.

Selain karena aktivitas fisik, kondisi nyeri tumit yang berkelanjutan juga kerap disebabkan oleh kesalahan struktur kaki seseorang. Menurut Laura, kesalahan ini membuat bagian tumit sering menjadi tumpuan, sehingga mudah terasa nyeri dan sakit.

Tak hanya itu, nyeri tumit juga sering disebabkan karena masalah kegemukan atau obesitas. Pada orang-orang dengan kondisi ini, kaki biasanya akan berpijak kurang merata, dan bertumpu hanya di satu bagian, yakni tumit.

Guncangan pada kaki saat berjalan, dan bantalan kaki yang buruk membuat kemunculan permasalahan nyeri tumit, dan telapak kaki sakit saat bangun tidur bukan hal yang tidak mungkin terjadi.

Baca Juga : Nyeri Betis, Kenali Penyebabnya

 

Solusi Mengatasi Kaki Sakit Saat Bangun Tidur

Spesialis fisik dan rehabilitasi dr.Laura Djuriantina mengatakan, mengetahui latar belakang munculnya nyeri tumit dan kaki sakit yang sering terjadi pada saat tidur. Selain metode konsultasi cara ini juga dilakukan dengan pemeriksaan radiologi.

Kedua cara ini menurut Laura lebih efektif dalam menentukan langkah pengobatan selanjutnya. Menurutnya, kemunculan permasalahan ini biasa terjadi karena masalah pengapuran yang terjadi di bagian tumit, dan sekitar kaki.

Untuk mengetahui permasalahan lebih detil, dokter dan praktisi kesehatan biasanya memonitor dengan menggunakan pemeriksaan USG dan MRI. Kedua cara ini ampuh dalam mendeteksi masalah pembengkakan dan gejala tak wajar di bagian Fascia atau sekitar telapak kaki.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, dan diketahui latar belakang permasalahan, metode pengobatan akan dilakukan. Umumnya untuk masalah peradangan yang terjadi di kaki, seseorang akan diberi resep obat anti-peradangan. Selain dalam bentuk oral, jenis pengobatan injeksi kortikosteroid biasa diberikan untuk mengurangi dan mengatasi masalah peradangan di kaki.

Selain dengan pengobatan medis dan suntikan, permasalah peradangan yang menyebabkan kaki sakit, terutama nyeri di tumit juga bisa dilakukan secara fisioterapi. Alat ini dilakukan dengan bantuan alat khusus, salah satunya bantalan kaki atau insole kesehatan.

Insole kesehatan berfungsi menyebar beban tubuh ke seluruh bagian kaki. Sehingga beban pada tumit secara langsung bisa terbagi. Cara ini membuat struktur lengkung kaki lebih baik, dan permasalahan kaki sakit sedikit banyak akan teratasi.

Meski kadang terjadi sebagai gangguan ringan, masalah peradangan penyebab rasa sakit kaki dan nyeri tumit bisa terjadi lebih parah. Tanpa penanganan yang tepat, gejala serius ini bahkan dapat mengakibatkan risiko kecacatan.

Pada kondisi kronis, permasalahan ini biasa diobati dengan proses pembedahan. Meski demikian, cara tersebut bukan satu-satunya solusi. Karena ada juga terapi non bedah yang dilakukan untuk mengatasi masalah kaki sakit, yakni Radial Shock Wave Therapy (RSWT).

Seperti namanya, terapi ini dilakukan dengan metode kejut elektrik yang ditujukan ke bagian jaringan kaki yang bermasalah. Cara ini menurut Laura sangat efektif dalam mengatasi permasalahan kaki sakit yang sudah kronis.

Menurutnya, cara ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang kejut. Gelombang kejut pada dasarnya dimanfaatkan untuk merangsang aktivitas metabolik.

Terutama bagian kaki yang bermasalah dan menjadi langganan kemunculan rasa nyeri dan sakit. Cara ini sekaligus dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan kaki dengan cara memperlancar aliran darah.

 

Insole Kesehatan Untuk Pencegahan dan Bagian Terapi

Permasalahan kaki sakit, yang juga menyebabkan rasa nyeri di tumit, sering terjadi karena fungsi kaki bekerja ekstra keras. Selain itu, tumpuan kaki yang tidak merata dalam menopang tubuh, sering menjadi latar belakang penyebab munculnya permasalahan ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk Insole khusus.

Setiap orang memiliki bentuk kaki, kebiasaan dan asupan nutrisi yang berbeda satu dengan lainnya. Hal tersebut membuat permasalahan kaki yang muncul pada tiap orang juga berbeda-beda.

Seperti mereka yang sering berdiri terlalu lama, akan memiliki risiko masalah kaki lebih besar. Selain itu asupan nutrisi yang buruk dan bentuk kaki tidak proporsional, membuat gejala kaki sakit akan meningkat.

Apapun jenis kaki, kegiatan dan kebutuhan aktivitas setiap hari, pada dasarnya Anda tetap bisa mengurangi permasalahan ini. Salah satunya dengan produk bantalan kaki, atau biasa dikenal insole.

Insole adalah bantalan yang akan membuat beban di kaki lebih merata. Sehingga gejala rasa nyeri karena tumpuan beban tubuh di satu sisi kaki bisa teratasi.

Selain itu, fungsi insole adalah sebagai peredam benturan pada saat berjalan sehingga membuat kaki memiliki risiko yang minim mengalami gangguan.

Untuk itu, produk insole kesehatan kaki bisa digunakan sebagai media pencegahan munculnya permasalahan kaki sakit. Sekaligus media terapi bagi mereka yang terlanjur mengalami permasalahan ini.

Baca Juga : Masalah Kaki Sakit dan Tips Mengatasinya

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at