Healthy
Lifestyle

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kaki manusia memiliki beberapa jenis. Dan setelah anda mengetahui fakta ini, mungkin banyak diantara anda yang tidak menganggap penting hal ini. Padahal dengan mengetahui jenis kakinya, seseorang akan dapat mengetahui dengan baik seperti apa model sepatu yang cocok digunakan oleh dirinya. Dalam beberapa kasus, pemilihan sepatu yang salah dapat berakibat fatal.

Secara umum, kaki manusia dibedakan menjadi 3 jenis. Penggolongan ini didasarkan pada kemampuan kaki untuk menjejak atau menapak ketika bediri, berjalan ataupun berlari. Ketiga jenis kaki tersebut adalah flat arch, normal arch dan high arch. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis kaki pada manusia:

macam-macam bentuk kaki | the sole studio
image from https://www.michellebridges.com.au

  • Flat arch
    Flat arch atau sering disebut kaki rata merupakan tipe kaki yang jika menapak atau menjejak ke suatu bidang, maka akan terlihat dengan jelas seluruh permukaan telapak kakinya. Kaki jenis ini tidak memiliki banyak lengkungan di sisi dalam kaki (mulai ibu jari hingga tumit). Umumnya orang yang memiliki kaki jenis ini adalah mereka yang melangkahkan kaki kea rah dalam saat berjalan atau berlari, keadaan ini sering disebut overpronate. Orang-orang yang memiliki kaki jenis ini perlu memakai sepatu lari yang memiliki stabilitas tinggi agar dapat menopang lengkungan kaki yang lemah. Sepatu yang ditujukan untuk orang-orang yang memiliki jenis kaki flat arch biasanya memiliki fitur yang bertuliskan “stability” atau “motion control”. Namun tak perlu khawatir, anda yang memiliki kaki jenis ini masih bisa memakai sepatu normal.
     
  • Normal arch
    Kebanyakan orang memiliki tipe kaki normal arch. Ciri-cirinya adalah memiliki lengkungan dari ibu jari hingga tumit dalam bentuk yang normal. Jenis kaki ini merupakan kaki yang efisien. Karena ketika melakukan aktivitas berjalan atau berlari benturan yang terjadi tersebar rata ke seluruh permukaan kaki. Orang-orang yang memiliki jenis kaki ini biasanya tidak memiliki kesulitan saat berjalan ataupun berlari. Sehingga mereka dapat menggunakan semua jenis sepatu yang umum, bukan sepatu khusus untuk flat dan high arch.
     
  • High arch
    Orang yang memiliki jenis kaki high arch akan memiliki lengkungan kaki yang lebih tinggi dibandingkan lengkungan pada kaki normal. Karena memiliki lengkungan kaki yang terlalu tinggi, orang dengan jenis kaki ini ketika berjalan kakinya akan mengarah keluar. Keadaan ini sering disebut supination atau underpronator. Jika keadaan ini telah berlangsung dalam waktu yang lama, maka akan mengakibatkan hilangnya kemampuan kaki untuk meredam getaran. Sehingga orang-orang dengan jenis kaki harus memakai sepatu khusus yang terdapat bantalan cushion (bantalan) yang besar dan empuk untuk meredam getaran yang dihasilkan.

Jika anda ingin mengetahui kaki anda termasuk ke dalam jenis mana, maka anda dapat melakukannya dengan mudah, yaitu dengan cara menginjakkan kaki anda ke pasir atau kertas yang basah. Nanti akan terlihat bagaimana bentuk kaki yang kita miliki. Selain cara ini, anda juga dapat melakukan konsultasi ke dokter atau tempat outlet orthopaedic shoe store seperti The sole studio untuk mengetahui jenis kaki anda melalui pemeriksaan foot scan. Dengan mengetahui jenis kaki anda, maka anda dapat menghindari keadaan dimana telapak kaki terasa tak sesuai dengan alas kaki yang anda pilih. Hal ini dikarenakan jenis kaki tertentu harus menggunakan sepatu khusus untuk mencegah berbagai kemungkinan buruk yang terjai pada kaki. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at