Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Dikenal sebagai olah raga yang mudah dan murah, lari tak hanya dijadikan cara terbaik membentuk tubuh dan menurunkan berat badan, tetapi juga gaya hidup kaum urban di kotra metropolitan. Banyak Komunitas lari pun bermunculan. Namun, terlalu banyak berlari ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan kaki. Apalagi jika jarak yang ditempuh terlalu jauh dan sepatu dan insole di dalamnya yang dipakai sudah tak layak lagi.  Berikut adalah beberapa masalah yang timbul akibat terlalu sering berlari.

Tumit Pecah Pecah

Ketika kulit kering, besar kemungkinan berujung pada kulit pecah pecah. Jika kulit yang pecah itu terlalu dalam maka akan menyebabkan luka dan infeksi.

Solusinya adalah dengan menggunakan pelembab untuk kulit kering

Kuku Kaki Hitam

Ketika memakai sepatu dan insole  yang tidak pas, kaki bergeser maju setiap melangkah. Itu bisa melukai kuku. Akibatnya, terjadi pendarahan di bawah kuku. Rasa nyeri kerap dirasakan. Bahkan, masalah ini bisa menyebabkan kehilangan kuku kaki.

Solusinya adalah menggunakan sepatu yang pas tidak terlalu kecil dan tidak terlalu longgar harus ada jarak antara ibu jari kaki dan ujung sepatu. Dan juga insole sepatu yang seuai dengan bentuk kaki.

Melepuh

Kulit kaki memang tebal dan keras. Tapi jika terus tergesek, lembab, dan terkena panas konstan, akan ada cairan di antara lapisan atas dan bawah kulit. Cairan itu membuat kulit seakan-akan melepuh dan sangat menyakitkan. Lebih parah lagi jika terbuka dan mengeluarkan nanah.

Solusinya adalah : pastikan sepatu lari pas. Jika memakai sepatu baru, pakailah secara bertahap, jangan langsung jarak jauh. Insole sepatu juga harus pas dengan bentuk kaki agar kemungkinan terjadi gesekan akan lebih kecil. Pakai juga kaus kaki berkualitas yang dapat menyerap keringat dengan baik. 

Plantar Fascitis/ Heels Spur Syndrome

Heel Spur Syndrome adalah gejala atau sudah terjadinya pertumbuhan tulang pada bagian tumit. Jika tulang itu terbentang terlalu jauh, akan terjadi inflamasi. Akibatnya, terasa nyeri setiap melangkah, bahkan saat hanya berdiri.

Solusinya adalah: pilih Insole sepatu yang mendukung bentuk kaki ataupun pilih insole yang di khusukan untuk Plantar Fascitis. Jangan menggunakan sepatu lama yang sudah tidak layak pakai. Perhatikan jalur lari, hindari berlari di permukaan jalan yang kasar. Selain itu, jangan habiskan waktu terlalu banyak untuk berlari karena dapat menyiksa kaki.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at