Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Munculnya masalah kaki sakit, membuat aktivitas dan mobilitas sehari-hari kerap terganggu. Tahukah Anda, hal ini kerap terjadi karena satu dan beberapa kebiasaan yang sering kurang disadari. Berikut penyebab dan beberapa permasalahan yang kerap dialami bagian tubuh paling bawah ini.

Seperti bagian tubuh lain, kesehatan kaki juga perlu diperhatikan. Munculnya masalah kaki sakit kerap berdampak salah satunya muncul rasa nyeri pada saat berjalan dan sebagainya.

Kaki manusia memiliki bentuk khas, dengan bagian telapak tidak rata. Bagian ini kerap menjadi sumber permasalahan, terutama diperparah dengan posisi berdiri, berat badan juga beberapa kebiasaan “kurang menguntungkan” untuk kesehatan kaki.

Karena terletak dibagian paling bawah, kaki kerap bermasalah dengan masalah kebersihan. Terutama pada muncuknya risiko bakteri, jamur dan masalah kesehatan disebabkan oleh kuman dan bakteri lain.

Masalah ini kerap meningkatkan risiko munculnya rasa gatal, lecet dan sebagainya. Untuk itu, menjaga kesehatan kaki dengan senantiasa memperhatikan kebersihan menjadi cara untuk mencegah munculnya masalah tersebut.

Tak hanya itu, posisi di paling bawah, juga membuat kesehatan kaki mudah mengalami gangguan. Karena bagian ini biasanya menjadi penopang selurung anggota badan, terutama bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih.

Gejala gangguan kesehatan kaki sakit bisa berdampak pada munculnya risiko lebih meluas. Diantaranya retak pada tulang kaki, bahkan lebih parah terjadi patah tulang karena menyangga berat badan berlebih, ditambah posisi berdiri dan jalan yang salah.

Beberapa permasalahan pada kesehatan kaki bisa terjadi karena hal sederhana dan berdampak kecil. Sementara masalah lain, kerap membuat permasalahan kaki sakit lebih pelik, dan membutuhkan perawatan dokter lebih lanjut.

Baca : Temukan Solusi Kaki Sehat di The Sole Studio

 

Dilema Sepatu Hak Tinggi

Dalam sebuah survei tentang permasalahan deformitas kaki mengatakan, sembilan dari sepuluh penderita terjadi pada wanita. Dan tahukah Anda, pemicu munculnya permasalahan ini adalah kebiasaan menggunakan sepatu (sumber). Salah satu gejala paling sering dirasakan adalah telapak kaki sakit yang terasa dalam intensitas tertentu.

Dibanding pria, bentuk sepatu wanita lebih spesifik. Dengan kebiasaan ujung sepatu lebih sempit dan ketat. Meski kadang terasa menyiksa, karena alasan estetika, banyak wanita di dunia rela mengenakan jenis sepatu ini, bahkan dalam intensitas waktu lama setiap harinya.

Meski demikian, kelainan tulang pada kaki juga kerap dialami oleh faktor lain. Seperti genetik, arthritis, dan kaki datar. Munculnya deformitas tulang kaki menjadi satu diantara banyak penyebab masalah kaki sakit.

Dalam hal estetika sepatu berhak tinggi sering dianggap salah satu penunjang penampilan setiap wanitanya. Meski hal tersebut harus dibayar dengan munculnya permasalahan pada kaki. Seperti nyeri di betis, telapak kaki sakit, pergelangan dan permasalahan lainnya.

Kecenderungan menggunakan sepatu jenis ini dengan intensitas tinggi dapat berdampak pada perubahan otot betis, menjadi lebih pendek. Ukurannya, menggunakan sepatu high heel lebih dari 40 jam selama seminggu. Dan hal ini Sering Anda lakukan sangat sering selama dua tahun.

Pendeknya otot betis membuat seseorang lebih berpotensi mengalami cidera. Dampak paling sering dirasakan adalah munculnya rasa kaki sakit secara berkesinambungan, terutama setelah menggunakan sepatu. Dan hal ini sangat mungkin dirasakan secara permanen jika kebiasaan tersebut tidak dirubah atau tidak dilakukan solusi lain.

Baca : Permasalahan pada Kaki dari Hobi Berlari

 

Merawat Kaki dan Menghindari Telapak Kaki Sakit

Menjaga kesehatan kaki dan mengantisipasi hal buruk terjadi bisa Anda lakukan dengan mudah, bahkan tanpa harus pergi ke dokter. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam memelihara dan mendeteksi permasalahan kaki sakit karena satu dan beberapa hal:

 

Mendeteksi Secara Fisik (Meraba)

Untuk melakukan hal ini secara teratur, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana. Diantaranya dengan meraba kaki, dan memastikan tidak ada hal yang aneh secara fisik pada kaki secara rutin.

Tahukah Anda, kaki akan mudah mengalami perubahan karena satu dan beberapa hal. Perubahan ini kerap membuat kaki mudah mengalami perubahan bentuk, suhu, ketebalan warna dan kulit mengalami pecah-pecah.

Selain itu, otot persendian kaki juga kerap mengalami perubahan karena aktivitas berdiri, dan berjalan dalam waktu lama. Hal ini kerap diperparah dengan kebiasaan menggunakan sepatu terlalu kecil, sempit dan bagi wanita sepatu hak tinggi.

Setiap permasalahan biasanya menyebabkan perubahan bentuk kaki, dalam kapasitas sedikit atau banyak. Hal ini biasanya disebabkan oleh satu atau beberapa hal. Berkonsultasi dengan dokter adalah cara tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Menjaga Kebersihan Kaki

Masalah jamur, kuman dan bakteri kerap menjangkit dan menjadi permasalahan tersendiri pada kesehatan kaki. Untuk mengatasinya, Anda bisa senantiasa menjaga kesehatan melalui kebersihan kaki.

Cara termudah adalah mencuci kaki secara menyeluruh. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membersihkan kaki hingga bagian sela-sela. Hal terpenting lain adalah, jangan membiarkan kaki dalam posisi basah. Hal ini bisa berdampak pada munculnya kuman dan bakteri.

Kemunculan keduanya kerap membuat elastisitas kaki berkurang. Sehingga kaki dapat mengalami masalah pecah-pecah. Selain itu, hal ini juga kerap meningkatkan risiko munculnya masalah kutu air, jamur dan sebagainya penyebab munculnya masalah gatal-gatal.

 

Merawat Kuku Kaki Secara Rutin

Tak hanya kuku tangan, kuku kaki juga tak bisa luput dari aktivitas perawatan, dengan tujuan menjaga kebersihan. Untuk memulainya, Anda bisa menjaga kuku jari kaki agar tidak panjang dan kotor.

Kuku jari kaki yang kotor sering menjadi tempat bertumbuhnya kuman dan bakteri. Tanpa penanganan secara benar, parasit ini dapat menimbulkan permasalahan tersendiri pada kaki.

Penggunaan cat kuku juga sebaiknya diperhatikan. Karena biasanya perawatan kecantikan kuku kaki ini hanya dianjurkan menempel selama satu minggu. Selebihnya sebaiknya cat kuku segera dibersihkan.

 

Pilih Nomor Sepatu yang Pas

Dalam hal kenyamanan, memilih ukuran sepatu yanh pas akan membuat aktivitas berjalan, berdiri dan berlari akan lebih terasa nyaman. Sebaliknya sepatu kekecilan berpotensi meningkatkan risiko kaki mengalami cidera, bahka. Perubahan tulang kaki secara permanen.

 

Mengangkat Kaki di Dinding

Kebiasaan mengangkat kaki di dinding setelah beraktivitas, dan berolahraga rupanya disarankan. Cara ini merupakan solusi tepat dalam proses memperlancar peredaran darah. Fungsinya menghindari masalah pembekuan darah yang mengakibatkan farises.

 

Monitor Rasa Sakit di Kaki

Telapak  kaki sakit, dan masalah lain yang Anda rasakan di sekitar kaki kadang tak selalu disebabkan oleh masalah yang sama. Berkonsultasi ke dokter adalah solusi tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

Jika ternyata ada kelainan di kaki, Anda bisa mengatasi masalah seperti telapak kaki sakit dengan cara populer. Diantaranya menggunakan produk insole atau bantalan kaki sebagai media penyembuhan dan terapi paling mudah.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at