Lutut Kaki Sakit Saat Ditekuk Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Lutut-Kaki-Sakit-Saat-Ditekuk-Bisa-Jadi-Ini-Penyebabnya-Image-Post
Lutut adalah bagian kaki yang memiliki beban kerja berat. Hal ini karena lutut bertugas untuk menopang berat tubuh supaya dapat berdiri. Karena tugasnya yang berat, tak heran jika terkadang bagian tubuh satu ini mengalami masalah sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. Bagi orang yang setiap harinya beraktivitas dengan menggunakan lulut kaki sebagia tumpuan, terjadinya sakit pada lutut merupakan hal yang lumrah terjadi. Menurut dokter Ghuna Arioharjo Utoyo, SpOT “ Lutut sakit saat ditekuk bisa jadi salah satu gejala nyeri lutut. Tapi perlu dipikirkan lagi beberapa penyebabnya” karena dikhawatirkan adanya kerusakan pada ligament, tulang rawan robek, tendonitis atau karena cairan sendi yang berlebihan pada kapsul sendi. Jika terjadi kelebihan cairan, maka dapat mengganggu proses melipat dan meluruskan kaki. Berikut beberapa gangguan yang terjadi akibat adanya rasa sakit pada lutut kaki:

  1. Bursitis
    Bursitis adalah penyakit yang terjadi akibat adanya pembengkakan pada bursae (bantalan berisi cairan yang terdapat disekitar sendi dan mengelilingi tendon kulit dan jaringan yang menempel pada tulang) yang dapat memicu nyeri, pembengkakan dan kemerahan. Jika Anda merasakan rasa sakit ketika menekuk lutut hal ini disebut prepatellar bursitis apakah lutut Anda mengalami penyakit ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, MRI, tes darah serta mengambil sampel jaringan bursae pada lutut. Pengobatan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.
  2. Osteoarthritis
    Osteoarthritis adalah salah satu jenis penyakit lutut kaki yang paling sering terjadi. Awalnya ditandai oleh rasa sakit dan kaku yang menyerang sendi sekitar lutut kemudian akan terjadi pembengkakan. Penyakit ini banyak diderita oleh orang-orang yang berusia lanjut karena seiring pertambahan usia akan terjadi kerusakan pula pada tulang.
  3. Iliotibial band syndrome
    Penyakit ini disebabkan karena adanya masalah pada Iliotibial band (jaringan ikat yang melekat pada area pinggang dan menjulur hingga bagian luar lutut). Jika terjadi iritasi pada area ini maka dapat menyebabkan adanya peradangan dan keluhan nyeri pada lutut.
  4. Sindrom patellofemoral
    Sindrom ini biasanya dikaitkan dengan adanya abnormalitas pada postur tubuh yang menyebabkan ketidakseimbangan di regangan otot maupun kelainan bentuk kaki. Biasanya sindrom ini banyak dialami oleh wanita dalam usia remaja.
  5. Cedera lutut
    Cedera pada lutut adalah hal yang paling sering terjadi bahkan dilingkungan para atlet. Lutut biasanya mengalami cedera karena melakukan aktivitas fisik seperti olahraga kemudian terjatuh atau terbentur. Ada beberapa jenis cedera lutut yang sering terjadi yaitu, keseleo, cedera meniscus, patah tulang dan overuse. Untuk menghendari terjadi cedera pada lutut Anda dapat melakukan beberapa hal sederhana seperti melakukan pemanasan sebelah dan sesudah berolahraga, lebih sering menggunakan tangga dibandingkan lift, gunakan sepatu yang sesuai, jaga berat tubuh Anda tetap ideal dan jangan lupa gunakan pelingdung lutut saat melakukan olahraga seperti bersepeda.

Jagalan kesehatan tubuh Anda sejak dini dan jangan pernah meremehkan rasa sakit sekecil apapun yang terjadi pada diri Anda. Karena dampaknya akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Apalagi lutut adalah bagian tubuh yang penting untuk menopang berat tubuh kita. Jika ada gangguan pada bagian tubuh ini maka akan sangat mengganggu aktivitas yang kita jalankan sehari-hari. Jangan tunda untuk melakukan pemeriksaaan tubuh ketika mengalami nyeri pada persendian. Segera pergi ke dokter spesialis ortopedi dan traumatologi agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

More Blog

Kenali Flat Feet Pada Anak

Flat feet merupakan gangguan yang terjadi pada telapak kaki dimana keadaan telapak kaki menjadi datar sehingga seluruh...

Selengkapnya

Berjalan tanpa alas kaki apakah bermanfaat bagi kesehatan?

Berjalan tanpa alas kaki sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan wajar. Pada zaman dulu, saat sepatu atau...

Selengkapnya

Tips Hobby Berlari Tanpa Risiko Kaki Sakit

Banyak cara mudah untuk selalu sehat, salah satunya berolahraga, seperti lari pagi setiap hari. Meski sederhana ada...

Selengkapnya

APAKAH BOLEH OLAHRAGA LARI UNTUK FLAT FEET?

Olahraga lari bagi pemilik flat feet dapat terasa menyakitkan dan mempengaruhi performa Anda dalam berlari.

Selengkapnya