Healthy
Lifestyle

Orthotics

Sunday 4th, 2017


Flat feet merupakan gangguan yang terjadi pada telapak kaki dimana keadaan telapak kaki menjadi datar sehingga seluruh bagian telapak kaki menempel pada tanah; Gangguan ini kebanyakan diderita oleh anak-anak. Memiliki kaki yang rata pada masa kanak-kanak tidak berarti bahwa orang tersebut akan selalu memiliki kaki yang rata, melalui penanganan yang tepat maka dapat mengembalikan bentuk posisi kaki yang benar.

 

American Academy Of Orthopaedic Surgeons, mengungkapkan bahwa flat feet / kaki datar adalah gangguan yang biasa terjadi pada anak-anak. Orang tua tidak perlu khawatir, karena  flat feet biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak mengganggu aktivitas berjalan maupun olah raga. Kebanyakan anak akhirnya dapat mengatasi hal itu tanpa masalah.

 

Penyebab flat feet pada bayi maupun anak anak, sebagian karena lengkungan kakinya belum sepenuhnya berkembang. Perlu diketahui, bahwa lengkungan kaki manusia berkembang pada masa bayi yang merupakan bagian dari otot normal, tendon, ligament, dan pertumbuhan tulang. Sehingga ketika lengkungan kaki tersebut belum sepenuhnya berkembang, maka bentuk kaki menjadi flat. Penyebab lainnya juga disebabkan oleh masalah biomekanis pada kaki, yang berakibat pada cara berjalan yang abnormal karena berubahnya otot-ototo dan sendi-sendi.

 

Sekalipun gangguan ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun ada beberapa kasus yang justru anak merasa kesakitan dengan gangguan ini,  tergantung pada penyebab flat feet mereka dan kondisi tubuh mereka.  Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kenali flat feet dengan benar, apabila anak sering jatuh ketika berjalan bahkan mengeluh sakit kaki, segeralah periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Ada beberapa treatment yang dapat membatu untuk menangani anak flat feet. Salah satu treatment menurut Orthoinfo (Pediatric Orthopaedic Society of North America) adalah stretching exercises. Anak bisa melakukan stretching dengan bersandar ke tembok dengan satu kaki di depan yang lain. Membengkokkan lutut anak kemudian tahan 15-30 detik. Tetapi untuk penanganan yang lebih tepat, segeralah periksakan ke dokter anak anda.

 

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at