Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Untuk perkembangan maksimal cari kebutuhan sepatu dengan ukuran insole ideal untuk si buah hati. Karena ukuran sepatu sangat erat hubungannya dengan kualitas kesehatan kaki anak. Tak hanya itu, kesalahan nomer sepatu kerap mengganggu tumbuh kembang anak yang akan dirasakan di kemudian hari.

Seperti dikutip dari Kompas, dibanding ukuran kaki orang dewasa, perubahan ukuran kaki anak sangat cepat berubah hingga usia mereka menginjak 10 tahun. Rata-rata dalam usia ini, Anak mengalami perubahan ukuran kaki hingga 34 kali dalam kurun waktu tersebut.

Ukuran kaki anak mulai stabil saat usia 12-14 tahun. Di usia tersebut, kaki anak biasanya memiliki perkembangan tak jauh berbeda dengan ukuran kaki orang dewasa. Untuk itu, penting menjaga kesehatan kaki anak dengan sepatu dan insole ideal sesuai kebutuhan mereka.

Keberadaan sepatu dan insole tak bisa terlepas dari tumbuh kembang anak. Terlebih pada usia ini, mobilitas anak sangat tinggi dalam hal kegiatan eksplorasi lingkungan sekitar dan bermain. Aktivitas tinggi Anak kerap diperlihatkan dengan berlari, dan meloncat.

Untuk itu, sepatu dengan bantalan kaki yang buruk, akan membuat risiko cidera anak karena terjatuh sangat tinggi. Ini dikarenakan pada produk dengan karakter tersebut, masalah keseimbangan sering meningkatkan risiko anak mengalami proses tumbuh kembang yang buruk, dan rawan terjatuh.

Sebagai bagian penting dalam tumbuh kembang anak, kesehatan kaki sebaiknya mendapat perhatian khusus. Karena buruknya kualitas kesehatan kaki, kerap menyebabkan risiko kerusakan karena tekanan yang abnormal.

Risiko buruk ini kerap disebabkan karena satu dan beberapa hal, salah satunya penggunaan sepatu terlalu sempit dan kecil.

Emma Supple, ahli perkembangan dan kesehatan kaki dari Inggris mengatakan, sepatu kekecilan sering menjadi awal munculnya permasalahan kaki pada anak. Solusinya menggunakan sepatu dengan fungsi kestabilan anak dalam berdiri dan bergerak (Berjalan atau berlari).

Cara tersebut menurut Emma dapat dilakukan dengan memilih ukuran sepatu yang tepat. Selain itu, penggunaan produk insole atau bantalan kaki akan membuat beban tubuh didistribusikan secara merata. Sehingga tak ada satu bagian kaki yang mendapat porsi lebih, dan memberi fungsi keseimbangan.

Ruang sepatu yang cukup juga akan membaut jari tumbuh dengan baik. Sehingga bagian ini berfungsi sebagaimana mestinya. Dampak positif ini membuat pertumbuhan kaki terdukung dengan baik.

Emma mengingatkan, dalam memilih sepatu, orangtua sebaiknya tidak hanya melihat seberapa panjang kaki anak, tapi juga lebar kaki mereka. Ini dikarenakan otot dan tulang kaki di ruang sepatu yang cukup akan membuat perkembangan bagian ini menjadi lebih baik.

Baca Juga : Kenali Flat Feet Pada Anak

 

Kapan Sebaiknya Anak Rutin Mengganti Sepatu

Tak sedikit orangtua menunda membelika sepatu baru untuk si buah hati karena terlihat pas saat dipakai. Tapi tahukah Anda, demi kenyamanan dan perkembangan tumbuh kembang anak, ukuran sepatu sebaiknya di update setiap 6 bulan sekali ?

Seperti dikutip dari Kompas seperti dijelaskan di atas, dibanding orang dewasa, kaki anak mudah sekali mengalami perubahan hingga usia tertentu. Dan dari semua fase perubahan tersebut, usia 7 hingga 14 tahun.

Di usia tersebut umumnya intensitas aktivitas fisik anak mulai meningkat dengan beragam kegiatan bervariasi. Hal ini menyebabkan perkembangan kaki anak pun kian cepat. Tentu saja hal ini berpengaruh dengan ukuran nomer sepatu mereka.

Fungsi kenyamanan saat dipakai, membuat ukuran sepatu untuk kebutuhan anak di usia ini sebaiknya rutin di monitor setiap 6 bulan sekali.

Sepatu dengan ukuran terlalu kecil sering menyebabkan cidera lecet pada kulit kaki. Dalam waktu lama, hal ini kerap mempengaruhi struktur kaki dan menghambat perkembangan anak dengan munculnya beragam masalah kaki sakit.

Salah satunya telapak kaki datar. Permasalahan ini kerap menimbulkan beragam keluhan lain, seperti nyeri tumit belakan, nyeri betis, perubahan struktur jari kaki secara permanen.

Ada cara mudah dalam hal mengukur kaki tanpa harus pergi ke toko sepatu. Yakni dengan mendengar keluhan si kecil. Saat mereka mengeluh kaki mereka tak nyaman atau sakit saat mengenakan sepatu, itu tandanya mereka membutuhkan sepatu baru.

 

Tabel Ukuran Insole Indonesia Untuk Anak

Produk insole Indonesia memiliki standar tersendiri, sehingga direkomendasikan untuk ukuran kaki anak sesuai dengan kebutuhan aktivitas di usia tertentu. Berikut tips memilih kebutuhan ukuran Insole Sepatu Anak sesuai dengan usia.

Usia 6-8 bulan. Pada usia ini, sepatu belum sepenuhnya dipergunakan sebagai alat bantu berdiri dan berjalan. Meski demikian, bayi sudah mulai melakukan beberapa gerakan menggunakan kaki dan belajar berdiri. Idealnya, anak usia ini memiliki ukuran sepatu 16.

Usia 8-12 bulan. Dalam perkembangannya, intensitas anak belajar berdiri semakin lebih banyak. Dan kemungkinan berjalan beberapa langkah juga kerap ditunjukkan. Untuk mendukung perkembangan kaki lebih maksimal, gunakan sepatu dengan ukuran 18.

Usia 12-14 bulan. Di usia ini anak sudah mulai berjalan, meski tak lancar. Untuk mendukung aktivitas ini, gunakan sepatu ukuran 20-21. Sepatu yang tepat akan membantu membentuk struktur kaki anak, yang akan mendukung perkembangan si buah hati di kemudian hari.

Usia 15-17 bulan. Intensitas anak berjalan semakin pesat, dan dibutuhkan sepatu dengan sol anti selip agar kegiatan ini tak berdampak cidera karena anak terjatuh. Sepatu dengan insole empuk dan nyaman akan membantu anak belajar berjalan sekaligus membentuk struktur kaki lebih baik.

Usia 18-24 bulan. Anak mulai aktif menggunakan kaki, meski dalam hal berjalan, anak masih belum memiliki kemampuan keseimbangan penuh. Pilih sepatu dengan sol bawah datar, dan insole lembut. Cara ini akan membantu anak melatih keseimbangan dalam berdiri dan berjalan. Ukuran sepatu ideal untuk anak usia ini adalah 23-24.

Usia 2-3 tahun. Di usia ini, aktivitas anak mulai menunjukkan kemandirian. Intensitas berjalan, berlari dan melompat pun semakin tinggi. Untuk itu, pilih sepatu dengan karakter yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. demi kenyamanan, pilih ukuran Insole Sepatu Anak yang pas, dengan menyisakan sedikit ruang untuk jari kaki. Ukuran sepatu ideal di usia ini adalah 24-27.

Usia lebih dari 4 tahun. Kemampuan berdiri, berjalan dan beraktivitas dengan kaki anak sudah mendekati kemampuan orang dewasa. Kebutuhan ukuran Insole Sepatu Anak lebih berkembang dengan nomer diatas 27. Rutin memonitor perkembangan kaki adalah cara mencegah anak mengalami cidera kaki sakit karena sepatu kekecilan. Karena hingga usia 10 tahun, biasanya ukuran sepatu mereka sangat cepat mengalami perubahan.

Baca Juga : Pilih Sepatu dengan Insole Terbaik Untuk Anak

 

Tabel Ukuran Insole dan Sepatu Anak Indonesia

Produk sepatu yang masuk Indonesia biasanya menggunakan beberapa standar ukuran sepatu. termasuk standar Eropa. Berikut Tabel Ukuran Insole dan Sepatu Anak Indonesia yang dikonfersi dalam satuan cm (Centi Meter) :

Anak 0 - 12 Bulan

Anak 1 - 5 Tahun

Anak 6 - 10 Tahun

EU Size

Cm

EU Size

Cm

EU Size

Cm

16

8,3 - 8,9

21

12,7

30

18,4

17

9,2 - 9,5

22

13 - 13,3

31

19,1 - 19,4

18

10,2 - 10,5

23

14 - 14,3

32

19,7

19

10,8 - 11,4

24

14,6

33

20,3 - 20,6

20

11,7 - 12,1

25

15,2 - 15,6

34

21 - 21,6

-

-

26

15,9

35

21,9

-

-

27

16,5 - 16,8

36

22,2 - 22,9

-

-

28

17,1

37

23,2 - 23,5

-

-

29

17,8

38

24,1 - 24,4

-

-

30

18,1

39

24,8

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at