Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Kebanyakan orang beranggapan jika waktu jogging yang paling efektif adalah ketika pagi hari. Hal inipun juga dibenarkan oleh para pakar ahli kesehatan yang menyatakan bahwa lari pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan bahkan ketika Anda beristirahat, tubuh Anda akan tetap membakar kalori.

Bagi Anda yang hidup di perkotaan dengan segala aktivitas padat yang dijalankan setiap harinya membuat Anda sering melewatkan hal penting seperti olahraga di pagi hari. Namun tak perlu khawatir karena Anda masih dapat melakukan olahraga di waktu sore hari. Salah satu olahraga yang tepat dan mudah untuk dilakukan adalah jogging. Jogging, baik yang dilakukan di pagi ataupun sore hari akan sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Selain memiliki banyak manfaat, jogging juga dapat dilakukan bersama-sama dengan keluarga ataupun teman sehingga olahraga ini tentunya akan menjadi lebih seru dan menambah semangat untuk konsisten melakukan olahraga ini. Bagi Anda yang baru saja menjadikan olahraga sore sebagai salah satu rutinitas, sebaiknya Anda mulai dengan menentukan target lari tiap hari. Target yang dipilih tidak harus dalam jarak jauh, pilihlah jarak yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Tolak ukur keberhasilan olahraga ini adalah Anda dapat berlari dengan stabil dengan durasi yang ditentukan, keringat keluar dengan lancar dan badan Anda terasa lebih bugar setelah melakukan olahraga lari. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika rutin melakukan jogging sore hari:

  1. Menurunkan berat badan

Berat badan yang ideal memang merupakan impian banyak orang, jogging di sore hari merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Lari di sore hari yang dilakukan secara rutin dapat membakar kalori dalam tubuh secara lebih efektif. Hal ini dapat terjadi karena berlari pada sore hari mampu menghasilkan keringat yang lebih banyak dibandingkan ketika pagi hari. Selain itu, sore hari adalah waktu yang tepat untuk membakar kalori dari makanan yang kita konsomsi pada pagi dan siang hari.

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Salah satu keunggulan jogging di waktu sore hari adalah dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak karena setelah lari badan akan mnjadi lebih segar, peredaran darah dan syaraf lancer sehingga membuat Anda dapat tidur nyenyak di malam hari dan bangun di pagi hari dalam keadaan segar.

  1. Menyehatkan jantung

Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di Indonesia maupun dunia. Untuk itulah kita perlu menajaga kesehatan jantung, salah satu caranya adalah dengan melakukan jogging di sore hari secara teratur. Dengan menjadikan lari di sore hari sebagai rutinitas, dapat membuat otot-otot yang berada di dalam jantung akan teraktivasi dan membuat otot jantung yang lemah menjadi kuat.

  1. Menghilangkan stress

Jogging disore hari juga dapat menjadi salah satu refreshing untuk melepaskan kepenatan setelah menjalani rutinitas yang padat seharian. Anda dapat melakukan jogging selama 30 menit untuk membuat diri Anda merasa jauh lebih bahagia.

  1. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Dengan melakukan jogging di sore secara teratur, maka kekebalan tubuh Anda dapat meningkat sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang berasal dari virus, bakteri, jamur maupun lainnya. Lari sore juga dapat mencegah Anda terjangkit penyakit mematikan seperti tumor maupun kanker.

  1. Memperkuat sendi, tulang dan membentuk otot

Manfaat jogging di sroe hari lainnya adalah dapat memperkuat tulang serta sendi dalam tubuh kita. Karena semakin sering sendi digerakkan, makan sendi akan semakin lentur. Begitupun dengan tulang, semakin sering digerakkan maka kelenturan tulang akan bertambah. Selain itu, berlari pada sore hari dapat membuat otot Anda menjadi lebih kuat. Hal ini membuat Anda tak perlu kerepotan ketika melakukan aktivitas fisik yang berat.

  1. Mengurangi rasa nyeri menstruasi bagi wanita

Banyak wanita yang menganggap bahwa ketika menstruasi lebih baik tidur untuk mengurangi rasa nyeri yang dialami. Namun ternyata anggapan ini salah, kegiatan fisik ringan seperti lari sore ternyata dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Hal ini karena ketika berlari, ada hormon endorphin yang dihasilkan. Hormon ini berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at