Healthy
Lifestyle

Insole atau alas kaki pada sepatu tak hanya berfungsi sebagai pelengkap produk sepatu. Penggunaan produk yang tepat akan menghindarkan seseorang pada berbagai permasalahan nyeri kaki, termasuk penebalan saraf telapak kaki atau biasa dikenal dengan nama Neuroma Morton.

Bukan lagi rahasia, kebutuhan insole sepatu kesehatan bukan hal baru bagi masyarakat modern seperti saat ini. Mengingat aktivits mobilisasi dengan kaki yang tinggi, dibutuhkan media yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi kaki sebagaimana mestinya.

Seperti bagian tubuh yang lain, kaki memiliki sistim syaraf yang mudah sekali terganggu karena satu dan beberapa penyebab. Permasalahan ini diantaranya munculnya iritasi, dan penebalan yang berdampak pada munculnya rasa nyeri kaki.

Kejadian ini kerap bersumber dari penggunaan alas kaki yang tidak sesuai dengan kondisi kaki. Dan pada akhirnya membuat saraf kaki mengalami iritasi dan penebalan, atau biasa dikenal dengan istilah Neuroma Morton.

Gejala awal Neuroma Morton biasanya ditandai dengan munculnya mati rasa, kesemutan, nyeri kaki, perih dan sensasi terbakar di sekitar kaki depan. Kondisi ini biasanya akan muncul pada saat seseonga menggunakan alas kaki yang biasa digunakan, berdiri, berjalan dan aktivitas berlari

Kondisi ini biasanya akan sangat mengganggu Anda dalam bergerak. Beberapa orang dalam kondisi ini biasanya akan mengalami sensasi seperti menginjak kerikil, meski sedang menggunakan sepatu, sehingga saat digunakan kaki tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Dalam jangka panjang, penebalan saraf pada akhirnya terjadi beberapa jenis perubahan bentuk kaki. Seperti kaki datar, Hammer Toe, Bunion, tulang kaki menonjol di bagian pangkal sendi ibu jari dan sebagainya.


Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Masalah iritasi dan penebalan saraf kaki biasa terjadi karena satu dan beberapa hal, Dan bahkan, ancaman permasalahan yang berdampak pada nyeri kaki ini kerap menghantui para atlit dalam meraih prestasi.

Seperti atlit lari dan bagi Anda yang biasa berjoging. Saat melakukan aktivitas ini, kaki akan bekerja ekstra keras dalam menopang beban tubuh secara keseluruhan. Hal ini kerap membuat kaki mudah mengalami cidera.

Nah karena terlalu sering mengalami cidera, saraf kaki akan mudah bermasalah, hingga pada akhirnya terjadi penebalan.

Selain faktor cidera munculnya masalah ini juga kerap terjadi pada olahragawan yang kerap menggunakan sepatu berukuran ketat. Seperti pemain ice skating, panjat tebing dan sebagainya. Sepatu yang ketat sering meningkatkan risiko kemunculan permasalahan kaki yang satu ini.

Selain olahragawan, masalah ini juga kerap dialami oleh wanita yang setiap hari ingin tampil menawan dengan menggunakan sepatu hak tinggi. Aktivitas dengan menggunakan jenis sepatu ini kerap membuat beban tubuh terkonsentrasi di bagian tertentu kaki.

 

Insole dan Solusi Mengatasi Permasalahan Neuron Morton

Sebagai penyangga beban tubuh, telapak kaki manusia tidak berbentuk datar. Melainkan berkelok, dengan bagian tengah melengkung ke dalam. Dalam kondisi normal, telapak kaki akan berbentuk sama, baik dalam kondisi berdiri dan saat digunakan bergerak.

Sayangnya, dalam satu dan beberapa kondisi, bagian telapak kaki tidak berbentuk sebagaimana mestinya. Hal tersebut kerap berdampak pada perubahan struktur tulang dan bahkan menyebabkan rasa nyeri kaki dan sekitarnya.

Sol sepatu bagian dalam merupakan bagian dalam sepatu yang berinteraksi secara langsung dengan bagian telapak kaki. Pada produk insole sepatu kesehatan, produk ini biasanya memiliki bentuk berkelok, sehingga mampu mengikuti lengkungan telapak kaki.

 

Untuk menghindari hal buruk terjadi sehingga dapat berdampak pada kesehatan kaki, berikut tips yang bisa Anda perhatikan dalam memilih produk sepatu sesuai dengan kebutuhan :

Gunakan Alas Kaki dengan Ukuran yang Pas

Tak hanya sedap dipandang, ukuran sepatu yang pas akan memanjakan kaki, terutama pada saat digunakan. Ukuran sepatu yang terlalu kecil akan membuat kaki mudah terasa tersiksa. Sementara sepatu kedodoran akan membuat Anda mudah kehilangan keseimbangan.

Ukuran sepatu yang pas akan memberi ruang bagi jari dan bagian lain di kaki pada saat bergerak. Selain itu, pilih sol yang tebal, cara ini dapat memberi manfaat sebagai peredam goncangan, sehingga kaki tidak mendapat beban terlalu berlebih.

Bagi yang suka berolahraga, gunakan jenis sepatu olahraga yang memberi kenyamanan, tergantung kebutuhan aktivitas yang Anda lakukan. Berlari, melompat atau membutuhkan pijakan yang tepat, semua bisa didapat dari proses pemilihan jenis sepatu yang tepat.

Aturan menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Meski kadang menyiksa, sepatu hak tinggi sering dianggap resep ampuh tampil optimal oleh sebagian besar wanita di seluruh dunia. Sayangnya hal tersebut kadang harus terbayar dengan beberapa macam permasalahan pada kaki.

Terutama jika Anda menggunakan jenis sepatu ini dalam intensitas waktu terlalu lama. Otot dan syaraf kaki mudah mengalami permasalahan karena menegang. Hal tersebut yang pada akhirnya meningkatkan risiko beragam permasalahan pada kaki.

Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan sepatu dengan derajat kemiringan yang tepat. Untuk mendapatkan sudut ideal, Anda bisa mencoba menggunakan sepatu hak tinggi dalam beberapa menit. Jika terjadi keluhan, bisa jadi derajat sepatu kurang ideal.

Selain itu, untuk menghindari hal buruk terjadi, Anda perlu toleran dalam menggunakan sepatu berhak tinggi. Cukup beberapa saat, atau jika pekerjaan mengharuskan Anda berdiri terlalu lama dengan sepatu hak tinggi, gunakan waktu istirahat secara optimal, atau gunakan insole kesehatan untuk mengurangi ketegangan otot bagian kaki.

Insole Sepatu Kesehatan

Produk ini biasanya dijual terpisah dengan sepatu, dan diproduksi secara esklusif. Karena didesain sesuai dengan bentuk telapak kaki seseorang dan diproduksei secara costum. Produk ini memberi manfaat sebagai peredam sekaligus memberi jaminan letak telapak kaki tepat pada tempatnya.

Di Indonesia, produk insole sepatu kesehatan ditawarkan secara esklusif, salah satunya oleh The Sole Studio.  The Soles Studio menawarkan produk Orthopedic Insole yang berfungsi mengatasi permasalahan telapak kaki.

Di desain secara esklusif, produk The Sole Studio menawarkan solusi setiap permasalahan telapak kaki. Melalui proses konsultasi, dan pembuatan produk sesuai dengan kebutuhan kaki sehat untuk setiap orang.

Relaksasi dengan Pijitan

Karena terdiri dari otot, kaki juga dapat direlaksasi dengan proses pemijitan. Proses ini bisa Anda lakukan dengan terapi pijitan lembut di bagian kaki, terutama pada saat nyeri kaki muncul akibat penggunaan sepatu berhak tinggi dengan intensitas terlalu lama.

Kompres dengan Es Batu

Seperti sensasi pijitan, cara ini juga dapat memberi manfaat rileksasi pada kaki. Caranya dengan menaruh es pada kantong, dan kompres bagian yang sakit dengan media ini. Beberapa saat kemudian rasa sakit di kaki akan segera hilang atau minimal berkurang.

Proses penanganan yang tepat dan langkah pencegahan yang baik akan meminimalisir risiko buruk terjadi pada kaki. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan beberapa hal sederhana. Namun jika perlu penanganan lebih lanjut, berkonsultasi dengan dokter adalah cara yang tepat.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at