Healthy
Lifestyle

Beraktivitas dengan kaki sudah dimulai sejak seorang anak belajar berjalan. Disisa usia, kaki digunakan sebagai tumpuan yang bertugas membantu mobilitas sekaligus menopang seluruh berat badan. Hal tersebut yang mengakibatkan kaki kerap bermasalah. Penggunaan insole merupakan salah satu solusi mengurangi permasalahan kaki sakit.

Permasalahan kaki bahkan sudah mulai muncul sejak anak mulai belajar berjalan. Bentuk kaki yang kurang proporsional merupakan salah satu permasalahan kaki yang disebabkan karena kebiasaan duduk dengan kaki yang salah.

Hal ini berdampak pijakan telapak kaki anak dalam perkembangannya menjadi kurang maksimal yang membuat bagian ini menjadi rata. Ratanya telapak kaki menjadi permasalahan yang kerap menimbulkan beberapa permasalahan.

Diantaranya anak mudah kehilangan keseimbangan. Sehingga saat berjalan atau berlari anak menjadi mudah jatuh. Dampak dari telapak kaki datar juga kerap menyebabkan anak mengalami permasalahan Plantar Fasciitis atau sakit tumit kaki.

Seperti dikutip dari TheAsianParent permasalahan ini juga kerap memberi anak beragam permasalahan terkait kaki sakit. Ditandai dengan anak mudah lelah saat berjalan, nyeri pada telapak kaki dan gangguan keseimbangan yang membuat anak susah berjalan, jongkok, melompat dan aktivitas lainnya.

Sebelum keluhan ini menjadi permasalahan serius, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan insole sepatu kesehatan seperti solusi yang ditawarkan The Sole Studio. Alat bantu penopang telapak kaki ini dapat mengkoreksi struktur kaki melalui perubahan lekuk telapak kaki.

Perubahan ini dalam waktu berkala dapat berdampak positif pada perkembangan anak. Anak menjadi memiliki keseimbangan dan bentuk kaki anak akan menjadi proporsional. Sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Tak hanya pada anak-anak, kebutuhan insole sepatu kesehatan juga kerap dibutuhkan oleh orang dewasa. Wanita misalnya, kebiasaan menggunakan sepatu berhak tinggi, dan sebagainya kerap meningkatkan permasalahan kaki sakit.

Insole sepatu kesehatan The Sole Studio menjadi solusi dalam mencegah hal buruk timbul dan menjadi permasalahan serius Anda kelak di kemudian hari. Cara ini juga dapat digunakan dalam membantu seseorang yang harus berdiri atau berjalan terlalu lama karena alasan pekerjaan dan sebagainya.

Bagi pria, kebutuhan insole juga kerap menjadi solusi menghindari permasalahan telapak kaki sakit dan gejala lain yang disebabkan munculnya permasalahan ini. Terutama dalam hal olahraga, benturan pada kaki kerap membuat bagian ini mengalami masalah.

Kehadiran insole kesehatan tak hanya mengoreksi, dan mencegah munculnya permasalahan pada kaki. Tapi juga memberi keseimbangan, dengan mendistribusikan berat tubuh keseluruh telapak kaki. Ini artinya keseimbangan bisa Anda dapat, dengan fungsi kaki lebih maksimal untuk aktivitas olahraga dan mobilitas setiap hari.

Baca Juga : 6 Gangguan Umum Pada Kaki

 

Sehatkah Kebiasaan Bertelanjang Kaki ?

Dahulu, tak sedikit orang percaya telapak kaki memiliki sistem syaraf yang sering berkaitan dengan seluruh ordan di tubuh. Oleh karena itu, kebiasaan bertelanjang kaki sering dianggap alternatif relaksasi yang memberi kesehatan kaki, juga tubuh secara keseluruhan.

Tak hanya orang dewasa, tren berjalan dengan telanjang kaki juga sering dilakukan pada anak-anak, bahkan batita yang sedang belajar berjalan. Kebiasaan ini dianggap paling efektif dalam meningkatkan performa kaki, terlebih untuk berlari. Selain itu dalam aktivitas jalan, cara ini juga dianggap sehat karena manfaat pijatan pada telapak kaki.

Seperti dikutip dari Kompas sayangnya, fakta lain ditemukan dalam sebuah penelitian yang tertuan di dalam jurnal Footwear Science. Dalam penelitian ini mengungkap, kebiasaan beraktivitas jalan atau berlari dengan bertelanjang kaki, justru akan memberi Anda beragam permasalahan terkait kaki sakit.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Human Performance Laboratory ini mengungkap, kepercayaan bertelanjang kaki dapat mengurangi risiko cidera kaki sekaligus meningkatkan performa kaki pada saat jalan dan berlari pada dasarnya tidak dilandasi fakta yang kuat. Karena kebiasaan ini justru berdampak lebih buruk, ketimbang kita melakukan aktivitas dengan alas kaki.

Benno Nigg dan Henrik Enders, yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan, dengan atau tidak menggunakan alas kaki, performa berjalan atau berlari akan tetap sama. Kegiatan ini pada dasarnya akan menguatkan otot-otot kaki pada saat digunakan.

Hanya saja, kaki akan mengalami beban ekstra dalam menopang tubuh saat berlari tanpa menggunakan alas kaki. Sementara dengan alas kaki, dampak benturan topangan tersebut dapat diminimalisir, sehingga kerja kaki lebih ringan.   

Ini artinya berjalan dengan sepatu akan membuat aktivitas kaki lebih ringan dibanding tanpa alas kaki. Disamping itu, kebiasaan bertelanjang kaki dapat meningkatkan risiko kaki cidera karena menginjak benda tajam dan benda lain yang dapat menyebabkan kaki sakit.

Untuk performa lebih baik, penggunaan sepatu atau alas kaki sesuai kebutuhan sangat dianjurkan. Terlebih jika hal ini dilakukan dengan penambahan bahan insole sepatu kesehatan. Cara ini lebih bijaksana ketimbang kebiasaan berjalan atau berlari dengan bertelanjang kaki.

Menggunakan Insole Sepatu Kesehatan seperti yang ditawarkan The Sole Studio akan memberi Anda keseimbangan. Karena dengan cara ini beban tubuh akan didistribusikan ke seluruh telapak kaki. Hal ini membuat tumpuan pada kaki tak hanya terjadi di satu sisi saja.

Selain itu, Insole atau bantalan kaki yang ada di dalam sepatu atau sandal adalah produk yang juga dapat memberi Anda permasalahan kaki sakit yang kerap disebabkan karena tingginya intensitas berdiri dan berjalan seseorang.

Secara aktif, insole sepatu kesehatan akan mengurangi beban kerja kaki menjadi lebih ringan. Dalam jangka panjang, alat ini juga dapat memperbaiki kesalahan struktur kaki yang disebabkan oleh satu dan beberapa penyebab.

 

Miliki Kaki Sehat dengan The Sole Studio

Kebutuhan kaki sehat, tak hanya dapat terpenuhi dengan produk sepatu. Karena tak jarang, sebuah produk sepatu tak dilengkapi dengan bantalan kaki atau insole sepatu kesehatan ideal dan sesuai harapan, seperti yang ditawarkan The Sole Studio. Tak hanya produk insole sepatu kesehatan, The Sole Studio menawarkan pendekatan personal untuk mengenali permasalahan dan kebutuhan bantalan kaki setiap seseorang. Cara tersebut dilakukan dengan :

  • Mengenali Karakter Kaki

Langkah ini dapat membantu Anda mengenali kondisi kaki, sekaligus memonitor permasalahan yang mungkin Anda hadapi sekarang dan dikemudian hari. Metode ini dilakukan secara detil dengan teknik scanning.

 

  • Konsultasi

Setelah proses scaning dilakukan, staf the Sole Studio akan menjelaskan hasil tersebut secara detil. Meliputi kondisi telapak kaki, permasalahan yang terdeteksi dan solusi terbaik yang bisa Anda ambil sebagai langkah selanjutnya.

 

  • Produksi Insole

Setelah mendapati kondisi dan permasalahan yang sedang Anda hadapi, serta kebutuhan bantalan kaki atau insole ideal untuk Anda, proses produksi segera dilakukan. Hasil lengkap akan dikirim workshop the Sole Studio.

 

  • Penerimaan Produk

Setelah proses produksi yang dilakukan sesuai dengan data scaning secara personal, produk insole sepatu kesehatan bisa segera diterima. Proses ini sebelumnya didahului dengan pengecekan bagian yang mungkin tidak dibutuhkan.

 

  • Panduan Pemakaian

Setelah proses finishing, tahap akhir produk insole the Sole Studio dapat segera digunakan. Sebelum menggunakan Anda akan diberi penjelasan detil apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang tidak dilakukan. Penggunaan dudukan kaki ini dapat mendukung aktivitas harian untuk meringankan tugas kaki.

Baca Juga : Seperti Makanan, Sepatu Juga Bisa Kadaluarsa

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at