Healthy
Lifestyle

Dalam fungsinya melindungi kaki, sepatu dilengkapi dua jenis sol. Yakni sol luar yang terletak dibagian bawah sepatu dan sol bagian dalam atau biasa dikenal dengan istilah Insole yang terletak tepat dibawah telapak kaki. Keduanya memberi fungsi penting, terutama dalam hal melindungi kesehatan kaki.

Dibanding bagian tubuh lain, kaki bekerja paling berat saat bergerak, karena menjadi tumpuan seluruh beban tubuh. Tak hanya itu, kaki juga kerap berinteraksi langsung dengan medan yang kadang tak hanya halus, tapi juga kasar dan memungkinkan melukai kaki secara fisik.

Nah untuk melindungi dari bahaya di jalan, sekaligus meringankan fungsi sebagai tumpuan tubuh, kaki membutuhkan media pelindung. Dan hal tersebut biasanya didapat dengan menggunakan alas kaki, seperti sandal dan sepatu.

Alas kaki pertama diciptakan dengan sangat sederhana, dengan menggunakan bahan seadanya. Berharap dengan cara ini kaki bisa terlindungi dari jalan runcing dan kasar yang dapat berpotensi melukai kulit telapak kaki.

Dalam perkembangannya, karena alasan kebutuhan kesehatan kaki, modifikasi bahan baku kemudian dilakukan. Diantaranya menggunakan bahan baku lunak yang dapat melindungi sekaligus memberi suspensi atau peredam benturan pada kaki pada saat berjalan.

Lebih jauh lagi, kebutuhan alas kaki kian berkembang. Fungsi kenyamanan dan faktor kesehatan kemudian ditambah disamping fungsi perlindungan yang telah terpenuhi. Hal tersebut yang kemudian membuat alas kaki modern memiliki dua macam sol disamping desain beragam yang banyak berkembang.

Baca Juga : The Sole Studio, Solusi Masalah Kaki Sakit Anda

 

Mengenal Beberapa Jenis Teknologi Alas Dalam Sepatu

Keberadaan alas dalam sepatu atau insole, sangat penting dalam sebuah produk sepatu. Selain alasan kenyamanan, media bantalan kaki yang tepat akan menjamin kualitas kesehatan dan meminimalisir risiko permasalahan kaki.

Sindrom kaki datar dan sejenisnya kerap berdampak pada munculnya risiko nyeri kaki dan permasalahan kaki sakit. Ini dikarenakan, cekungan telapak kaki yang tidak muncul mengurangi fungsi suspensi yang membuat benturan dan beban langsung dirasakan oleh kaki.

Untuk menghindari hal tersebut dibutuhkan media yang membuat bagian cekungan telapak kaki atau biasa dikenal dengan sebutan Arch. Dan media tersebut biasa dikenal dengan istilah insole sepatu kesehatan sangat dibutuhkan.

Seperti dikutip dari KOMPAS, saat ini berkembang teknologi alas kaki kesehatan modern yang didesain dapat menunjang kebutuhan penyangga telapak kaki (arch support). Selain disarankan untuk penderita kaki datar, media ini juga dianjurkan untuk orang dengan kaki normal.

Fungsinya, memberi kenyamanan disamping menjaga kesehatan kaki untuk menghindari dampak buruk dengan munculnya beragam permasalahan kaki. Seperti nyeri kaki di telapak, tumit, betis, pinggang dan sebagainya.

Menurut pakar Orthopedi, dr Widyastuti Srie Utami, Sp.OT, kini dikenal beragam teknologi produk insole sepatu kesehatan, atau alas kaki kesehatan. Teknologi ini dikembangkan untuk menghindari permasalahan kaki, khususnya wanita yang berpotensi mengalami permasalahan kaki dan persendian.

Memory Cushion. Tipe bantalan telapak kaki ini biasanya dibuat dari bahan lembut yang mudah berubah bentuk namun dapat mempertahankan posisi perubahan dalam kurun waktu lama. Produk bantalan ini biasanya didesain dengan tujuan menyesuaikan kontur kaki saat digunakan. Sehingga dapat menyangga bagian cekungan telapak kaki, mengurangi risiko munculnya rasa nyeri.

Sole Support. Tipe alas kaki kesehatan ini memungkinkan bagian metatarsal pada telapak kaki terangkat pada posisi seharusnya. Sehingga dapat meningkatkan otot kaki dengan cara memberi cengkraman yang nyaman pada telapak kaki.

Massage. Seperti namanya, fungsi teknologi ini adalah memberi terapi pijitan pada telapak kaki. Kelebihan ini memungkinkan system peredaran darah bekerja dengan baik, sekaligus melindungi ketegangan pada kaki penyebab munculnya risiko kaki stress, nyeri betis dan permasalahan lain.

Arch Support. Jenis alas kaki ini biasanya direkomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah kaki datar. Tipe alas kaki ini dibuat dengan bahan yang lembutdan dibentuk sedemikian rupa sehingga mampu menyangga telapak bawah dan longitudinal arch yang sudah lemah.

Bio Print. Tipe alas kaki kesehatan ini berfungsi memberi tekakan dan penyangga lengkungan kaki dan tumit. Alas kaki jenis ini juga dapat menyesuikan kontur kaki, sehingga dapat memberi manfaat sebagai peredam benturan pada kaki saat berjalan.

Baca Juga : Hindari Sakit Kaki, Kenali Jenis-Jenis Kaki Pada Manusia

 

Alas Kaki Sehat Untuk Semua Usia

Kebutuhan kaki sehat penting dalam mendukung aktivitas setiap hari, kebutuhan ini dibutuhkan setiap orang bahkan anak yang baru bisa belajar berjalan.  Sayangnya, beraktivitas dengan kaki kadang tak semudah yang diharapkan, dan hal ini kehadiran Insole sepatu kesehatan dibutuhkan.

Tak hanya mencegah anak terjatuh karena terpeleset. Tapi juga melindungi kaki dari benda tajam yang memungkinkan terinjak. Hal tersebut yang membuat anak-anak di usia baru belajar berjalan membutuhkan alas kaki yang tepat.

Pemilihan produk sepatu dan insole berkualitas juga akan membantu anak bergerak, dan merangsang kemampuan motorik. Penggunaan Insole sepatu kesehatan sejak dini juga mampu membentuk struktur kaki anak menjadi lebih baik.

Bahkan dalam usia perkembangan, permasalahan kaki kian bertambah seiring banyaknya aktivitas anak. Seperti bermain dan berolahraga, kaki yang sehat akan menunjang kegiatan tersebut, bahkan membantu mereka meraih prestasi.

Bagi Wanita kehadiran sepatu dengan insole ideal membantu meminimalisir munculnya masalah kaki. Penggunaan produk sepatu dengan fungsi fashion, kerap berdampak pada munculnya permasalahan kaki. Seperti model sepatu hak tinggi, yang kerap menyebabkan munculnya rasa nyeri kaki dan betis.

Beragam produk insole ditawarkan dengan kualitas dan jaminan keaslian, seperti yang ditawarkan The Sole Studio, best shoe insole. Produk berkualitas akan menjamin kesehatan kaki, dan menghindarkan Anda dari cidera karena permasalahan kaki sakit.

 

Tips Merawat Estetika dan Kaki Sehat

Selain menunjang aktivitas, kebutuhan kaki sehat juga kerap berkaitan dengan kecantikan wanita. Tak terbayang kan, menggunakan sepatu terbuka, namun bentuk kaki tak bagus ? Bisa jadi hal tersebut mengganggu penampilan Anda secara keseluruhan.

Kebutuhan kaki sehat dan berestetika bisa terpenuhi dengan serangkaian perawatan. Berikut tips merawat kaki sehat yang bisa Anda lakukan setiap hari :

Gunakan Bedak Tabur

Jamur dan bakteri kerap membuat kaki mudah bau, terlebih bagi Anda yang memiliki aktivitas padat setiap hari. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan bedak tabor. Selain membuat wangi kaki, cara ini juga dapat membuat kaki tetap kering, bebas dari jamur dan bakteri yang muncul karena keringat.

Berolahraga Secara Rutin

Berolah raga secara rutin akan menjaga kualitas jaringan otot dan saraf kaki. Hal tersebut akan mendukung kesehatan kaki secara keseluruhan. Lakukan olahraga sederhana, seperti jalan kaki atau jogging dengan menggunakan jenis sepatu yang tepat.

Pilih Sepatu yang Tepat

Sepatu yang tepat untuk aktivitas tertentu akan membuat kaki terasa nyaman saat digunakan. Bahkan untuk aktivitas berat seperti olahraga dan sebagainya. Terlebih jika hal ini dilengkapi dengan bagian insole sepatu kesehatan yang memiliki lekuk mirip telapak kaki dan ruang yang pas untuk jari-jari.

Sekali-kali Biarkan Kaki Tanpa Alas Kaki

Sekali-kali kaki butuh berjalan tanpa alas kaki. Perlu diingat, lakukan hal ini dengan kesempatan terbatas di jalan berstruktur lunak. Seperti di karpet dan rumput. Cara ini juga dapat berfungsi mengencangkan otot kaki, sekaligus memberi efek rileksasi (Sumber).

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at