Healthy
Lifestyle

Healthy Foot

Sepatu merupakan salah satu hal yang hampir selalu melekat pada kaki kita. Selain karena fungsinya sebagai alas dan pelindung kaki dari benda-benda asing yang ada dijalan, sepatu juga dapat memberikan kesan pertama ketika Anda bertemu orang lain. Kualitas sepatu yang Anda gunakan dapat menunjukkan seberapa besar rasa penghargaan Anda terhadap diri Anda sendiri.  Selain itu, sepatu yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan terjadi sakit pada area telapak kaki. Oleh karena itu, kualitas kebersihan sepatu yang digunakan perlu diperhatikan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat kebersihanm sepatu:

  1. Bersihkan secara teratur

Menjaga kebersihan sepatu adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan sepatu yang selalu terlihat baru dan nyaman digunakan. Anda bisa membersihkan sepatu dengan lap kering untuk menghilangkan debu yang menempel di sepatu. Anda juga dapat mencuci sepatu Anda secara teratur setiap 2 – 4 minggu sekali tergantung tingkat kotornya sepatu yang Anda miliki. Mencuci sepatupun tidak bisa sembarangan. Anda harus paham betul karakteristik sepatu tersebut. Karena jika sembarangan, sepatu tersebut tidak malah bersih malah akan menjadi rusak.

  1. Gunakan kaos kaki

Menggunakan kaos kaki juga adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah sepatu dari kerusakan. Menggunakan kaos kaki ketika memakai sepatu dapat melindungi sepatu dari keringat yang bisa merusak bagian dalam sepatu.

  1. Jangan letakkan kaos kaki dalam sepatu jika tidak dipakai

Jika sepatu sedang dalam keadaan tidak terpakai, jangan meletakkan kaos kaki didalamnya. Karena hal ini dapat menyebabkan bagian dalam sepatu tercemar bakteri dan bau kurang sedap yang berasal dari kaos kaki.

  1. Usahakan sepatu selalu dalam keadaan kering

Speatu yang dibiarkan terlalu lama basah dapat merusak sepatu dan juga menyebabkan masalah pada kaki. Jika sepatu Anda basah, segera keringkan dengan lap kering. Anda juga dapat memasukkan kertas koran kedalam sepatu, kemudian posisikan sepatu dalam keadaan berdiri agar cepat kering.

  1. Pastikan kaki dalam keadaan kering

Ketika Anda akan menggunakan sepatu, pastikan kaki kering karena jika Anda mengenakan kaos kaki ketika kondisi kaki Anda basah kemudian Anda memakai sepatu, maka akan membuatu kondisi dalam sepatu menjadi lembab. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat membuat bakteri dan kuman dalam sepatu akan tumbuh. Tentunya keadaan ini tidak baik untuk kesehatan kaki Anda.

  1. Simpan ditempat yang sesuai

Letakkan sepatu Anda ditempat yang kering dan tidak lembab agar sepatu tetap awet.

  1. Jangan merendam sepatu

Mencuci sepatu dengan cara direndam bukannya akan mengembalikan tampilan sepatu Anda seperti baru, namun justru akan membuat warna sepatu cepat pudar. Untuk itu, hindari mencuci sepatu dengan cara merendamnya.

  1. Semir secara rutin

Jika Anda memiliki sepatu kulit, menyemir sepatu secara rutin adalah salah satu cara agar sepatu tersebut awet. Caranya cukup dengan menempelkan semir ke sepatu, kemudian sikat ke seluruh permukaan sepatu. Diamkan beberapa menit, lalu gosok dengan kain bersih agar terlihat mengkilap.

  1. Koleksi beberapa sepatu

Sepatu yang digunakan secara terus menerus akan membuat sepatu tersebut mudah rusak. Untuk itu Anda perlu sepatu lain sebagai pengganti ketika sepatu utama yang Anda kenakan sedang beristirahat. Hal ini akan membuat sepatu Anda nyaman dan awet.

 

Anda bisa menerapkan tips-tips diatas agar sepatu yang Anda miliki dapat awet dan selalu nyaman digunakan. Walaupun Anda adalah orang yang sibuk, sebaiknya sempatkanlah untuk merawat sepatu. Namun jika masih tidak memiliki waktu luang, Anda bisa menyerahkan sepatu Anda ke jasa laundry sepatu yang sekarang telah banyak ditemukan.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at