Healthy
Lifestyle

Pernah membeli sepatu tanpa mempertimbangkan ukuran pas di kaki? Bagi Anda yang gemar berbelanja online kadang hal terebut sering terjadi. Lalu apa yang seharusnya dilakukan jika hal ini terlanjur terjadi? Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, salah satunya Insole.

Tak hanya itu, kejadian ini juga kerap terjadi saat seseorang mendapat hadiah atau kado sepatu dari teman atau orang tersayang. Karena alasan tak mungkin dicoba, ukuran yang didapat pun kadang lebih besar dari kaki.

Beberapa produk sepatu kadang memiliki standar ukuran sendiri. Disamping itu, model dan desain sepatu kadang membuat ukuran lebih besar dari standar nomer kebanyakan. Nah jika hal ini terjadi ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar sepatu tetap nyaman digunakan.

Seperti dikutip dari Beautynesia, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat terlanjur memilih sepatu dengan ukuran lebih besar dibanding kaki :

Manfaatkan Lipatan Kaos Kaki

Cara ini efektif dalam hal menyumpal sisa ruang di sepatu karena ukuran kaki yang relatif lebih kecil. Untuk melakukannya, Anda bisa memilih jenis Kaos kaki berbahan tebal. Atau jika tidak, lipat beberapa kali Kaos kaki yang bertujuan untuk mengisi ruang kosong di sepatu.

Bagi ukuran sepatu yang sedikit lebih besar ketimbang kaki, cara ini sangat efektif dan memberi kenyamanan sepatu saat digunakan. Penambahan volume kaki ini ideal mengatasi ukuran sepatu yang kedodoran.

Menyumpal Sepatu

Seperti cara pertama, hanya saja kali ini tidak menggunakan Kaos Kaki. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan benda dengan karakter lembut namun padat. Sehingga dapat difungsikan menambah volume kaki pada satu bagian sepatu.

Beberapa benda yang bisa Anda manfaatkan seperti busa atau koran. Cukup selipkan beberapa bahan tersebut (biasanya paling nyaman) di bagian ujung sepatu, sebelum digunakan. Agar tak terjadi cidera, lakukan hal ini secukupnya, tak perlu terlalu banyak karena dapat membuat jari kaki sakit.

Dengan melakukan cara ini, kaki akan terdorong ke belakang sepatu, sehingga bagian mata kaki akan pas di belakang sepatu. Kesalahan yang bisa terjadi adalah saat Anda melakukan cara ini pada bagian belakang sepatu. Cara ini hanya akan membuat sepatu mudah lepas pada saat digunakan.

Sol Tambahan

Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ukuran sepatu yang kedodoran. Bahkan dengan cara yang tepat, cara ini dapat mendukung kualitas kesehatan kaki dengan menjaga lekukan telapak kaki berada pada tempatnya, yakni dengan memanfaatkan orthopedic insole.

orthopedic insole atau insole sepatu kesehatan adalah media tatakan telapak kaki dengan foam yang dirancang menyangga dan mempertahankan lekuk kaki atau Plantar Fascia. Lekuk kaki yang terawat dengan baik, dan berada pada tempatnya akan menghindarkan risiko nyeri dan jari kaki sakit pada seseorang.

Ketebalan bantalan pada Insole sepatu kesehatan juga akan mengangkat sedikit posisi telapak kaki. Sehingga dapat mengatasi permasalahan ukuran sepatu yang kedodoran. Di Indonesia produk ini biasa didapat dari best Shoe Insole Store, The Sole Studio.

Jika tak memiliki bantalan jenis ini, Anda bisa menggunakan sol dengan ketebalan ideal atau jenis Padding Cushion yang membuat sepatu terasa nyaman di kaki saat digunakan.

Bantalan Padding Cushion biasanya terbuat dari bahan lunak yang nyaman dengan kaki. Seperti silikon atau bahan karet. Selain didesain transparan produk ini juga didesain warna-warni sehingga lebih segar saat dipasangkan dengan sepatu.

Baca : Mengenal Istilah Insole dan Mekanisme Mengatasi Masalah Kaki Stress

Memanfaatkan Heels Grips

Bekerja seperti sumpalan sepatu, hanya saja Heels Grips biasanya terletak di bagian belakang sepatu. Aksesoris tambahan ini biasanya ditempel dengan tujuan menambah volume kaki pada ukuran sepatu yang lebih besar.

Aksesoris sepatu ini biasanya disarankan pada saat menggunakan jenis sepatu berhak tinggi, atau High Heels. Selain fungsi menambah volume, bahan Heels Grips yang empuk, membuat Anda terhindar masalah lecet yang terjadi pada betis. Sehingga sepatu akan lebih nyaman pada saat digunakan.

Gunakan Hair Dryer

Seperti dikutip dari Teen, cara ini biasanya ampuh untuk mengecilkan sepatu terutama jenis sepatu yang terbuat dari bahan Kanvas. Untuk melakukannya, Anda bisa terlebih dahulu membasahi ujung dan samping sepatu.

Selanjutnya, proses pengeringan bisa dilakukan dengan memanfaatkan Hair Drayer. Efek aliran udara panas dari alat ini dapat membantu bahan sepatu sedikit menyusut. Jika masih terasa longgar, Anda bisa mengulang cara ini hingga ukuran sepatu benar-benar  pas.

Perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan untuk sepatu dengan ukuran sedikir lebih besar dengan kaki. Perbedaan ukuran terlalu besar akan membuat Anda melakukan hal ini berulang-ulang, dan aktivitas ini berpotensi merusak bahan sepatu secara permanen.

 

Kecenderungan Orang Memilih Ukuran Sepatu Lebih Besar

Atas dasar kepercayaan lebih baik kebesaran ketimbang kesempitan, membuat tak sedikit orang memilih ukuran sepatu lebih besar untuk kaki mereka. Hal tersebut seperti dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh American Orthopaedic Foot & Ankle Society.

Kepercayaan banyak orang jika kaki bisa bertambah besar juga kerap menjadi alasan sepatu dengan ukuran sedikit besar lebih baik. Sejalan dengan hal ini, faktanya kaki akan melebar dan membesar saat sering digunakan Sumber. Kondisi ini paling sering terjadi pada atlit, atau orang dengan hobi berlari.

Dalam penelitian di Amerika menemukan, kecenderungan membeli ukuran sepatu lebih kecil sering dilakukan 90% wanita. Dan hal ini berdampak 80% diantara mereka mengalamiu permasalahan kaki, seperti Hammertoes, Bunions dan sebagainya.

Baca : Sepatu dan Biang Munculnya Masalah Kaki Sakit

Kesalahan pemilihan nomer sepatu sering dilakukan umumnya saat mencoba sepatu di waktu tertentu. Biasanya kondisi kaki akan mengalami pembesaran setelah terlalu lama digunakan. Untuk itu, membeli sepatu sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari, atau setelah beberapa saat Anda berjalan-jalan.

Meski demikian, faktanya menggunakan sepatu dengan ukuran sedikit lebih besar tanpa antisipasi, dapat mengakibatkan permasalahan pada munculnya nyeri kaki. Beberapa permasalahan diantaranya kaki melepuh, Bunions, Black Toenails dan Hammer toes sering terjadi karena gesekan antara kaki dan alas sepatu yang kedodoran.

Untuk itu, meski telah tepat memilih sepatu dengan ukuran lebih besar, ada baiknya langkah antisipasi tetap dilakukan. Tujuannya memperkecil risiko munculnya sejumlah permasalahan pada kaki, dan sepatu lebih nyaman pada saat digunakan.

Share

Copyright 2017 thesolestudio all rights reserved

Follow us at